Argentina Juara Dunia 2022, Usai Kalahkan Prancis Lewat Drama Adu Pinalti -->

Header Menu

Argentina Juara Dunia 2022, Usai Kalahkan Prancis Lewat Drama Adu Pinalti

Senin, 19 Desember 2022


Laporan : TRI

QATAR,MATALENSANEWS.com - Penantian panjang selama 36 tahun, akhirnya Argentina berhasil mengangkat trophy tertinggi sepakbola dunia, usai unggul atas Prancis lewat drama adu pinalti. Terakhir kali Argentina juara dunia di tahun 1986, saat itu Diego Maradona mengalahkan Jerman Barat di final.


Di babak adu pinalti, Argentina unggul 4-2 atas Prancis, 4 gol Argentina dicetak Messi, Dybala, Paredes dan Montiel. Sedangkan 2 gol Prancis dicetak Mbappe dan Kolo Muani. 2 penembak pinalti Prancis, Coman dan Tchouameni gagal menceploskan si kulit bundar ke gawang.


Argentina dan Prancis sebenarnya masih memiliki masing-masing 1 kesempatan penendang pinalti. Namun kesempatan tersebut di eliminasi, lantaran sudah tak bisa merubah hasil pertandingan, lantaran Argentina sudah unggul selisih 2 gol pada pinalti kelima.


Di babak pertama, Argentina unggul 2-0 atas Prancis, 2 gol Argentina dicetak Lionel Messi dimenit 31 dan Angel Di Maria dimenit 36. 


Di babak kedua, Prancis berhasil merubah keadaan dengan menyamakan kedudukan, usai gol cepat Kylian Mbappe di menit 80 dan 81. Hingga 2 x 45 menit waktu normal ditambah injury time, Argentina bermain imbang 2-2.


Pertandingan berlanjut ke babak extra time, lagi-lagi Argentina unggul terlebih dahulu di menit 109 yang dicetak Messi, skorpun berubah, Argentina unggul sementara 3-2 atas Prancis.


Lagi-lagi Kylian Mbappe berhasil menyamakan skor, setelah ia berhasil mengeksekusi pinalti dengan sempurna di menit 117.


Drama adu pinaltipun terjadi, 2 kali bagi Argentina sepanjang Piala Dunia 2022 ini berlangsung. Yang pertama terjadi saat Argentina berjumpa dengan Belanda di perempat final. Sedangkan bagi Prancis, ini adalah adu pinalti pertama kalinya sejak Piala Dunia 2022 di Qatar secara resmi dibuka.


Keberhasilan Argentina meraih gelar juara dunia, tercatat 3 kali sejak turnamen empat tahunan ini digelar tahun 1930, yaitu tahun 1978 (era Mario Kempes) dan 1986 (era Diego Maradona). Sebelum Piala Dunia ini digelar, Argentina berhasil meraih trophy Copa America di tahun 2021.