Prancis Lolos ke Final Setelah Kalahkan Maroko -->

Header Menu

Prancis Lolos ke Final Setelah Kalahkan Maroko

Kamis, 15 Desember 2022


Laporan : TRI

QATAR,MATALENSANEWS.com- Pertandingan babak pertama antara Prancis vs Maroko berlangsung seru. Jual beli serangan tersaji sepanjang 45 menit lebih di Al Bayt Stadium, Al Khor, dalam semifinal Piala Dunia 2022.


Prancis unggul 1-0 atas Maroko di babak pertama, usai gol spektakuler Theo Hernandez yang berada di waktu dan tempat yang tepat untuk menjangkau bola rebound di dalam kotak penalti.


Sepanjang babak pertama, Maroko unggul 52-48 penguasaan bola atas Prancis. Tercatat 5 peluang tercipta bagi Maroko dan 8 peluang dicetak Prancis. 


3 menit berlangsung babak kedua, Antoine Griezmann melepaskan operan lewat celah sempit untuk Kylian Mbappe, tapi Bono menunjukkan kesiagaan yang baik untuk menggagalkan kesempatan tersebut.


Maroko membalasnya, melalui Hakim Ziyech yang mengirimkan sebuah operan berbahaya dari batas kotak penalti, namun salah seorang pemain bertahan lawan bereaksi menggagalkan usaha ini.


Di menit 55, serangan berbahaya Maroko muncul, Azzedine Ounahi mengirim bola pada Achraf Hakimi lewat sebuah operan akurat, lalu melakukan penyelesaian, sayangnya dia dengan cepat dikepung pemain bertahan lawan dan kehilangan bola.


Maroko makin meningkatkan intensitas serangannya di pertengahan babak kedua, Sofiane Boufal keluar dari lapangan dan Zakaria Aboukhlal masuk menggantikannya, disusul Youssef En Nesyri digantikan Abderrazak Hamdallah.


Di menit 72, Marcus Thuram berlari menyambut bola hasil tendangan bebas yang dilepaskan Antoine Griezmann, namun sundulan jarak dekat yang dilakukannya berakhir melebar jauh dari tiang kanan gawang.


Di menit 79, sebuah aksi individual yang bagus dari Kylian Mbappe membuatnya sampai ke dalam kotak penalti, namun tembakan keras yang dilakukannya selanjutnya dengan berani diblokir oleh salah satu pemain bertahan lawan.


Prancis akhirnya sukses menggandakan keunggulan, usai di menit 80, Randal Kolo Muani memiliki tugas termudah untuk memasukkan bola ke gawang yang kosong dari jarak dekat setelah menerima rebound yang membuat penjaga gawang tidak berdaya, skorpun berubah, Prancis unggul 2-0 atas Maroko.


Jelang berakhirnya babak kedua, Ez Abde mendapatkan bola saat dirinya bebas di dalam kotak penalti dan lalu melepaskan sebuah tembakan, namun usahanya berhasil dihentikan dengan sangat baik oleh salah satu pemain bertahan lawan.


Dari statistik sepanjang pertandingan Maroko mendominasi penguasaan bola dengan keunggulan 55-45 atas Prancis. Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, skor tetap tidak berubah, Prancis unggul 2-0 atas Maroko. 


Hasil ini sekaligus membukukan sejarah Prancis dalam Piala Dunia, setelah 2 kali berturut-turut tampil di final (sebelumnya di tahun 2018), dan 4 kalinya sepanjang turnamen ini digelar (2022, 2018, 2006 dan 1998).


Berbeda dengan Maroko yang mencatat sejarah baru sebagai negara Afrika pertama yang menembus 'big four' Piala Dunia. Sebelumnya, Korea Selatan pernah mencatat sejarah sebagai negara Asia pertama yang tampil di semi final pada Piala Dunia 2002.


Dari hasil pertandingan tersebut, dipastikan Prancis berjumpa dengan Argentina di final mendatang. Sedangkan Maroko harus ikhlas berebut peringkat 3 bersama Kroasia. (red)