Siswa SD Negeri Sugihan 3 Kecamatatan Tengaran Kabupaten Semarang Ikuti Outbond -->

Header Menu

Siswa SD Negeri Sugihan 3 Kecamatatan Tengaran Kabupaten Semarang Ikuti Outbond

Sabtu, 17 Desember 2022



Laporan : Wahyu N
SALATIGA,MATALENSANEWS.com- Dalam proses pembelajaran atau pelatihan, siswa atau peserta didik kerap kali diberikan kesempatan untuk menerapkan teori yang telah dipelajarinya melalui kegiatan tertentu, untuk menciptakan pengalaman belajar.


Seperti yang dilakukan  para siswa SD Negeri Sugihan 3 Kecamatatan Tengaran Kabupaten Semarang. Mereka mengikuti outbond yang dilaksanakan, di Wisata Edukasi Argotelo Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga, Sabtu (17/12/2022).


Kepala Sekolah SDN Sugihan 03, Septina Ika Kadarsih mengatakan, kegiatan outbond ini sekaligus pengenalan Wisata Edukasi Argotelo. Disini anak anak diajak untuk mengetahui bagaimana cara menanam singkong, memanen dan mengolahnya.


"Jadi disini anak anak diajarkan mengolah berbagai makanan siap saji,"katanya saat disela kegiatan.


Ika berharap setelah mengikuti kegiatan ini anak anak mengetahui bagaimana sebuah proses singkong menjadi aneka makanan.


"Anak anak senang mengikuti. Selama ini mereka tahunya singkong keju itu di rebus ternyata disini itu digoreng,"ucapnya.


Dalam kegiatan ini terpenting mengajarkan anak untuk lebih mandiri."Kemandirian dan percaya diri (self confidence) merupakan modal utama anak kedepan terkhusus seseorang untuk mencapai sukes,"pungkasnya.


Sementara,  Fera Boemi Djiwa salah satu penggagas kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berawal dari obrolan beberapa rekan untuk membuat edukasi sekaligus fun game berbasis experiential learning untuk anak-anak. 


Maka dibuatlah charity untuk siswa SD Sugihan 03 dengan kolaborasi dari Argotelo, Boemi Djiwa, Sagarmatha, Sanggar Sakuntala dan Pokdarwis Seroja Tegalrejo. 


"Harapannya kegiatan seperti ini bisa terlaksana lagi dengan kegiatan yang lebih beragam serta dukungan dari banyak pihak, " paparnya.(*)