Bupati Halsel Lantik 98 Kades dan Ingatkan Jika Masih Berhura Hura di Cafe, Harus Kita Pecat -->

Header Menu

Bupati Halsel Lantik 98 Kades dan Ingatkan Jika Masih Berhura Hura di Cafe, Harus Kita Pecat

Selasa, 10 Januari 2023


LABUHA,MATALENSANEWS.com- Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara, Usman Sidik,Resmi lantik 98 Kepala Desa Gelombang ke-I untuk Periode 2023-2029 di Aula Kantor Bupati pada hari Senin tanggal 9 januari 2023.


Pelantikan Kades ini juga dihadiri Wakapolres Halmahera Selatan Kompol Mirsan Yassin S.H, Plh Kepala Seksi Inteljen Kejari Halsel Satriyo Ekoris Sampurno S.H, Sekertaris Daerah Saiful Turuy, Unsur Forkopimda Halsel dan Pimpinan SKPD serta Para sejumlah Kades yang dilantik yang didampingi Istrinya.


Acara pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatangan berita acara diwakili Kepala Desa Dolik, Riswadi Ishak dan Kepala Desa Nondang, Munira M.Saleh disertai penyematan tanda terima jabatan oleh Bupati Halsel.


Amatan salah satu awak media biro Halmahera Selatan, dalam sambutan Bupati Halsel, Usman Sidik menyampaikan bahwa, Pelantikan 98 Kepala Desa tersebut "Mudah-mudahan menjadi amanat yang sangat besar bagi masyarakat kita di semua desa yang telah menyelesaikan pesta demokrasi di tingkat desa.


Usman mengatakan Para Kades yang telah dilantik harus benar-benar bertanggungjawab dan amanah agar dapat membantu pemerintah daerah untuk kemajuan di Desanya masing-masing." ucapnya.


Lanjut Bupati, Usman menyebutkan bahwa, bagi Kepala Desa yang menyalahgunakan uang Rakyat terutama BLT DD ke oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tetapi kita belum tahu kebenarannya, nanti kita proses Hukum yang berjalan.


Ia mengatakan, persoalan Karteker Kepala Desa Tobaru yang lagi viral saat ini, saya langsung pecat dan saya juga sudah perintahkan untuk melakukan pemberhentian dari PNS, jadi tidak perlu lagi menunggu penetapan tersangka langsung di pecat saja. 


Jadi saya ingatkan sudara-sudara kita, Kades-kades yang baru saja dilantik hari ini. "Jangan coba-coba menyalahgunakan  BLT DD yang telah diwanti-wanti oleh Bapak Presiden Republik Indonesia bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Drsa yang berhak menerima jangan pernah sama sekali-kali untuk disunat." tegas Usman.


Tambahnya, orang nomor 1 di Halmahera Selatan itu, kembali mengingatkan Para Camat dan Kepala Desa yang baru saja dilantik itu, sekali lagi saya ingatkan Camat yang peras-peras Kepala Desa Dalam waktu dekat saya akan perintah untuk ditindak dan diperiksa. 


Untuk itu, para Camat setiap saat yang punya kewenangan, fungsi dan pengawasan, masih saja minta yang lain-lain dan peras pihak Perusahan, bahkan saya sudah berikan sebagian kewenangan ke Camat tetapi tidak dijalankan dengan baik." kata Usman.


Ia juga mengatakan, hampir seluruh Desa di Halsel jauh tertinggal, sehingga saya sudah sampaikan ke DPMD setelah para Kepala Desa yang sudah dilantik harus Studi Banding.


Jika enam bulan kemudian Para Kepala Desa Gagal dalam hasil studi bandingnya kita langsung diganti. "Selama hidup saya, sangat benci yang namanya Hak orang lain tetapi kalian masih makan." Cetusnya.


Sambung Usman, bakal melakukan Sidak, jika menemukan oknum Kepala Desa yang suka bermain-main di Cafe atau tempat hiburan malam bakal kita copot secara tidak terormat. 


Saya tegaskan sekali lagi akan melakukan Sidak di Kafe-kafe. Jika saya temukan berada didalam tempat hiburan malam. "Maka hari itu juga saya Copot, besoknya langsung saya buatkan SK pencopotan. Jadi kalau ada yang berani silahkan coba saja." Usman. (Jek/Redaksi)