Ketua BPD Jujame Sebut Tidak Pernah Janjikan Meteran Listrik Ke Masyarakat -->

Header Menu

Ketua BPD Jujame Sebut Tidak Pernah Janjikan Meteran Listrik Ke Masyarakat

Rabu, 04 Januari 2023


HALSEL,MATALENSANEWS.com- Diduga kuat ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jujame mencatut Bupati Halmahera Selatan "Usman Sidik, terkait petisi atau penyataan memprovokasi Warga Masyarakat setempat.


Akhirnya, Masyarakat Desa Jujame Kecamatan Bacan Barat Utara, Halmahera Selatan (Halsel), Merasa sangat meresahkan warga setempat kemudian masyarakat pun harus mendesak Bupati Halmahera Selatan secepatnya untuk mengevaluasi Ketua BPD dan Wakilnya karena dinilai memprovokasi warga masyarakat. Selasa, 4/01/2023.


Hal ini, disampaikan sejumlah Masyarakat Desa Jujame diantaranya: Wakil Imam Mesjid Astadah, Sulaihamir,  Ketua Adat Badarudin Muhammad, Ketua Pemudah Muslim Anaci dan Sudin Samad serta Kaur Pemerintahan Desa Jujame Sudin Soleh, pada salah satu awak Media biro halsel, membenarkan bahwa Ketua BPD "Sarkani Usma dan Sekertaris BPD Desa Jujame "Muhammad Doturu, bersama beberapa orang lainnya, meminta Masyarakat untuk menandatangani petisi pencopotan Kepala Desa Jujame Sahjudin Subur dari Jabatanya dan mengangkat Sekertaris Desa sebagai Pjs Desa Jujame." ujarnya 


Parahnya, Ketua BPD tersebut mencatut nama Bupati Halsel, akan diberikan Meteran Listrik untuk Warga disana, Warga pun harus menandatangani petisi itu. "Jika warga yang menolak tidak akan diberikan Meteran Listrik." katanya.


Kata sejumlah tokoh masyarakat tersebut memastikan bakal temui Bupati, kami pastikan akan temui Bupati "Usman Sidik, dan menyampaikan keresahan masyarakat akibat ulah dari Ketua BPD memprovokasi sesama Warga Masyarakat setempat sampai-sampai saling salah paham.


Untuk itu kami meminta Bupati Usman Sidik, segera memanggil Ketua BPD dan Wakil Ketua tersebut agar secepanya di Evaluasi." harapnya.


Selanjutnya dikatakan "Sulaihamir, selaku Wakil Imam Mesjid "Astadah" bahwa setelah Sajhudin Subur menjabat di Desa Jujame dijadikan sebagai Desa Jamatablit yang diakui Masyarakat taat pada ajaran Agama dan hindari minuman keras." ucapnya.


Ketua adat "Badarudin Muhammad menambahkan, saat itu saya sempat marah pada Ketua BPD agar Stop membawa bawa nama Bupati dihadapan Masyarakatnya.


Karena Istri saya marga Sumadayo juga, jadi saya tahu betul kalau Bupati tidak mungkin bilang di Ketua BPD akan diberikan Meteran Listrik jika Masyarakat mau menantandatangani petisi itu." Katanya.


Sementara kata Ali Sumadayo menyebutkan bahwa, tujuan ketua BPD mengangkat Sekedes sebagai Pjs di Desa Jujame itu keduanya adalah kaka beradik. 


"Keduanya pun saudara kandung. jadi tujuan dari Ketua BPD agar sekdes bisa diangkat menjadi penjabat Kepala Desa Jujame tanpa memikirkan efek besar yang nantinya menimbulkan ditengah-tengah Masyarakat." kata Ali.


Selanjutnya lagi, Sekertari BPD Desa Jujame "Muhammad Doturu, saat dikonfirmasi mengaku yang dilakukannya atas arahan atasan.


Iya benar dijanjikan kasih Meteran Listrik Oleh Bupati (Halsel) kalau ada yang bersedia untuk menandatangani petisi, Karena saya sudah temui Bupati. "Apalagi yang perintah Ketua BPD selaku atasan saya berarti harus dituruti." Ungkapnya.


Menanggapi, Ketua BPD Desa Jujame dikonfirmasi melalui via telfon mengatakan permintaan penandatangani petisi ke masyarakat dengan tujuan untuk menentukan siapa pejabat Desa Jujame yang diangkat.


Tujuan petisi bukan untuk pemecatan Kepala Desa, melainkan meminta persetujuan masyarakat agar menentukan siapa Pejabat Desa Jujame yang mau di angkat, dan saya tidak membawa-bawa nama Bupati untuk menjanjikan memberikan Meteran Listrik ke warga Masyarakat Desa Jujame." Cetusnya.


Terpisah, Kepala Desa Jujame "Sahjudin Subur dikonfirmasi mengaku belum mendapatkan informasi lebih jelas. "Saya belum terima informasi jadi nanti saya tanya dulu." singkat Kades setempat. (Jek/Redaksi)