Masyarakat Menolak Keras Cakades Lalubi"Kellyon Hulai" Kalah Jauh Dilantik Bupati Usman Sidik, Rusak -->

Header Menu

Masyarakat Menolak Keras Cakades Lalubi"Kellyon Hulai" Kalah Jauh Dilantik Bupati Usman Sidik, Rusak

Rabu, 11 Januari 2023


LABUHA,MATALENSANEWS.com- Masyarakat Desa Lalubi Kecamatan Gane Timur Tengah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) kembali memanas usai Cakades nomor urut 01 kalah dalam pertarungan Pilkades Lalubi, di lantik Bupati Halmahera Selatan, mendapat menolakan keras dari Masyarakt disana. Rabu,11/01/2023.


Informasi yang di peroleh salah satu awak Media biro Halmahera Selatan, dari Mantan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lalubi, Fransiskus Goyowa membenarkan, berawal dari Cakades Lalubi, Kellyon Hulai adalah nomor urut (01), dilantik bupati Halsel, Usman Sidik, dengan perolehan suara 228.


Sedangkan nomor urut 03, Roland Korompis memenang suara tertinggi mencapai 275 suara, namun tidak dilantik oleh Bupati Halsel," kata Fransiskus.


Sementara kata Fransiskus, terjadinya keributan dilakukan oleh Ratusan masa aksi berunjuk rasa di depan Kantor Desa Lalubi tidak menimbulkan kerugian. 


Fransiakus menuturkan, Masa aksi yang menggelar Demo didepan kantor Desa Lalubi dimulai pada hari Rabu tanggal 10 januari 2023, sekitar pukul 18:30 Wit , dan kembali kondisif sekitar pukul 21:00 Wit.


Setelah masa aksi melampisankan kemarahannya dengan membakar Ban dan Spanduk milik Bupati Halsel.


"Masa aksi pun membubarkan diri tampa menimbulkan dampak kerugian diseputaran Desa Lubi maupun korban jiwa disekitarnya," kata Fransiskus.


Untuk mencegah hal tersebut tidak kembali terjadi, Fransiskus mengungkapkan bahwa, masa aksi mengencam jika Bupati Halsel tidak membatalkan SK pelantikan Cakades Lalubi, Kellyon Hulai dengan nomor urut 01 dan maksud apa Bupati Usman Sidik tidak mau lantik Cakades nomor urut 03, yakni Roland Korompis yang telah memenangkan Pilkades Lalubi dengan suara terbanyak 275.


Untuk itu jika Bupati, Usman Sidik masih juga mempertahankan nomor urut satu yang usai di Lantik itu. Masyarakat setempat tidak akan main-main, akan kembali melakukan aksi besar-besaran yang lebih parah lagi." tegas masyarakat disana.


       *MASYARAKAT MENUNTUT*


Mendesak Bupati, Usman Sidik Harus membatalkan SK pelantikan Milik Cakades nomor urut 01, dengan perolehan suara 228 ( Kalah) dalam Pilkades.


Desak Bupati, Usman Sidik Harus kembali Lantik Cakades nomor urut 03 di Gelombang ke ll nanti, dengan meraih suara tertinggi mencapai 275 suara ( Menang) dalam Pilkades.


Jika Bupati Usman Sidik, masih juga pelihara Kellyon Hulai dengan nomor urut 01 yang kalah itu. "Masyarakat disana tidak segan-segan untuk melakukan gelar aksi yang lebih parah, dan kami akan memboikot kantor desa dan seluruh fasilitas desa disana." tegasnya. ( Tim/Jek/Red)