Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 27 Januari 2023, 7:53:00 AM WIB
Last Updated 2023-01-27T00:53:15Z
BERITA POLISINEWS

Pangkat dan Jabatan Dalam Kepolisian Beserta Simbolnya..!!!

Advertisement


MATALENSANEWS.com-
Sebagai salah satu profesi yang menjadi idaman, Kepolisian menjadi tujuan generasi muda selepas lulus SMA sederajat.


Beberapa mendaftar melalui Akademi Kepolisian (Akpol), dan ada pula jalur lainnya, namun begitu masih banyak yang belum tahu apa saja pangkat dan jabatannya.


Sistem pangkat TNI dan Polisi pernah disamakan, namun akhirnya dipisahkan pada tahun 2000 silam.


Perpisahan pangkat ini diatur dalam Surat Keputusan Kapolri yang lahir ada tanggal 3 Oktober tahun 2000.


Pangkat dalam Kepolisian ini diatur oleh pimpinan melalui promosi atau rotasi jabatan yang disetujui oleh Kapolri.


Berikut pangkat dan jabatan dalam Kepolisian beserta simbolnya.


1. Tamtama

Jenjang ini paling bawah dalam Kepolisian dan memiliki enam tingkatan yang diakui di tubuh Polri.


Tingkatan tersebut yakni Bhayangkara Dua (Bharada) dengan tanda satu garis miring merah, Bhayangkara Satu (Bharatu) dua garis miring merah dan Bhayangkara Kepala (Bharaka) tiga garis miring merah.


Setelah itu Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda) dengan tanda satu segitiga merah, Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dua segitiga merah, dan Ajun Brigadir Polis (Abrip) tiga segitiga merah.


2. Bintara

Level ini dikenal dengan golongan dua dengan posisi antara Tamtama dan Perwira, golongan ini pun menjadi penyambung antara keduanya, bahkan sering dipercaya untuk mendidik Tamtama.


Bintara memiliki tingkatan yakni Brigadir Polisi Dua (Bripda) dengan tanda satu segitiga perak dan Brigadir Polisi Satu (Briptu) dua segitiga perak.

 

Kemudian Brigadir Polisi (Brigpol) dengan tiga segitiga perak dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka) empat segitiga perak.


Lebih tinggi lagi ada Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) dengan tanda satu segitiga bersambung mirip huruf M dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dua segitiga bersambung.


3. Perwira Pertama

Jenjang ini yang paling rendah pada level Perwira, dengan tingkatan Inspektur Dua (Ipda) dengan tanda satu garis warna emas dan Inspektur Satu (Iptu) dua garis warna emas.


Selanjutnya paling tinggi di jenjang ini adalah tingkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dengan tanda tiga garis warna emas.


4. Perwira Menengah

Jenjang ini memiliki tanda yang berbeda, yakni bunga sudut lima warna emas, tingkatan ini biasanya akan diberi tanggung jawab untuk mengemban beberapa jabatan penting.


Level ini memiliki tiga pangkat, pertama, Komisaris Polisi (Kompol) dengan tanda satu bunga sudut lima warna emas, untuk jabatannya bisa Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di tingkat Kecamatan.


Kedua, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dengan tanda kepangkatan dua bunga sudut lima warna emas, biasanya diberi jabatan Kepala Kepolisian Resort (Polres) di tingkat Kabupaten.


Ketiga, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) dengan tanda tiga bunga sudut lima warna emas dan biasanya diberi tugas sebagai Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) di Ibukota Provinsi.


5. Perwira Tinggi

Tingkatan ini banyak melahirkan banyak pejabat penting Kepolisian, level ini memiliki empat tingkatan.


Pertama, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), dengan tanda pangkat satu bintang warna emas, biasanya diberi jabatan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) di suatu Provinsi.


Kedua, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) dengan tanda dua bintang warna emas, Irjen Pol biasanya ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) sebuah Provinsi.


Ketiga, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) dengan tanda tiga bintang warna emas, dengan jabatan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).


Keempat, Jenderal Polisi (Jend Pol) dengan bintang empat warna emas, dengan jabatan tertinggi dalam Kepolisian yakni Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).