Uji Coba Di Exit Tol Salatiga, Polda Jateng Luncurkan ETLE Drone -->

Header Menu

Uji Coba Di Exit Tol Salatiga, Polda Jateng Luncurkan ETLE Drone

Jumat, 13 Januari 2023


Laporan : TRI

Salatiga,MATALENSANEWS.com- Dalam rangka menjamin terselenggaranya Kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas), Direktoral Lalu Lintas Polda Jateng melakukan terobosan kreatif dengan meluncurkan ETLE Drone, Uji coba  salah satunya dilaksanakan di Exit Tol Tingkir wilayah hukum Polres Salatiga, Jumat 12/01/2023


Iptu Doohan Octa Prasetya S.Tr.K S.I.K Kanit 5 Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng mewakili Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho SH SIK M.Si  Didampingi KBO Satlantas Polres Salatiga IPTU Samino SH MH, Kanit Turjawali Iptu Yoseph Heru Utomo dan  Kanit Gakkum IPDA Loeky dan beberapa Anggota Ditlantas dan Satlantas Polres Salatiga terjun langsung dalam pelaksanaan uji coba penerapan ETLE Drone di Exit Tol Tingkir Salatiga.


IPTU Doohan menyampaikan bahwa Ditlantas Polda Jateng akan mengembang ETLE Drone di 35 (Tiga Puluh Lima) Polres di Jajaran Polda Jateng, ETLE Drone bertujuan untuk lebih mengefektifkan Etle Statis maupun mobile yang sudah dilaksanakan di seluruh Jajaran Polda Jateng.


"ETLE Drone bisa lebih luas menjangkau pelanggaran yang ada di wilayah khususnya di lokasi yang padat arus lalu lintasnya", jelas IPTU Doohan.


Dalam uji coba ini pihaknya bekerja sama  dengan Asosiasi Drone Indonesia untuk menerbangkan drone.


Saat ini sudah ada tiga personil yang sudah tersertifikasi untuk menerbangkan drone dalam penerapan ETLE drone.


“Ada tiga personil yang tersertifikasi dan akan berkembang sedemikian rupa dan akan dikembangkan oleh seluruh Polres di Polda Jawa Tengah,” jelasnya.


Mekanisme ETLE drone ini sama dengan ETLE statis maupun mobile namun dapat melihat para pelanggar yang tidak tercover Etle Statis. 


“Jika ada pengendara yang melakukan pelanggaran dan berada di sela kendaraan dan terlihat maka dapat langsung dilakukan penindakan melalui Etle Drone,” ujarnya.


“ETLE drone ini digunakan untuk memantau arus jalan, tetapi apabila ada pelanggaran di jalan jadi harus ditindak dan langsung di foto dari drone tersebut,” tambahnya.


Menurutnya banyak pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan di jalan.


“Dengan uji coba penerapan ETLE drone ini dapat meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan di jalan,” katanya.


Dari uji coba sekitar 20 menit saja kita bisa bisa mendapatkan banyak pelanggar lalu lintas yang kasat mata,  seperti tidak memakai helm dan sabuk keselamatan,  nantinya langsung akan kita laksanakan verifikasi untuk dilakukan penilangan Etle, tambah IPTU Doohan.


Lebih lanjut disampaikan bahwa Etle Drone saat ini masih dalam pengembangan, dalam  waktu dekat akan kita laksanakan lounching, tujuannya adalah untuk menekan pelanggaran khususnya kasat mata dan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, tutup IPTU Doohan Octa Prasetya S.Tr.K, S.I.K.


Sumber : Humas Polres Salatiga