Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 18 Februari 2023, 4:24:00 PM WIB
Last Updated 2023-02-18T09:24:08Z
NEWSRegional

Kapolres dan Bupati Pulau Taliabu Minta Telusuri Seluruh DD Serta Utang Kades di Tempat Hiburan Malam

Advertisement


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Dalam pelantikan 57 Pejabat Kepala Desa di Pulau Taliabu. Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Aliong Mus menyampaikan bahwa Dana Desa ( DD) Tahun 2023, yang akan di transfer dari pusat ke rekening Desa masing-masing sebesar Rp 1 Miliar lebih. "Lebih besar dari anggaran Kapolres baru, saya dapat informasi dari Wakapolres kurang lebih Satu miliar." katanya. Jumat, (17/2/2023) malam.


Kata Aliong Mus, belum lagi Anggaran Pemerintah Daerah. Jadi dalam Satu Tahun Anggaran, Kepala Desa bisa kelolah kurang lebih sebesar Rp 2 Miliar lebih. "Saya ingatkan jangan mengikuti Para Kepala Desa yang lama itu, saya hanya faktor kasiang saja, kalau tidak hampir 75 persen saya pecat." katanya.


Untuk itu, Bupati minta para kepala desa baru saja dilantik, harus bekerjasama dengan BPD, itu sangat penting agar supaya bisa berjalan dengan baik di masyarakat. 


Ia dengan tegas dalam sambutannya, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) harus mengawal dan mengawasi Dana Desa ( DD) di Tahun 2023 ini, karena pemerintah Pusat akan mentransfer langsung ke Rekening Desa. Karena saya baru menandatangani SK nya di beberapa hari lalu," ujar Aliong Mus.


Lanjutnya, Bupati juga mengatakan bahwa, setelah para kepala desa ini masuk atau aktif, minta Kapolres Pulau Taliabu dan Kepala Kejaksaan Negeri harus mengaudit seluruh DD. kalau kemarin saya mau audit kata inspektorat dan Kajari, BPD tidak mau tandatangan. "Begitu Bupati tanya kepada Anggota BPD yang baru dilantik, siap diaudit nggak. teriak BPD Siap." tegas Aliong.


Masih Bupati, Para Kepala Desa yang lama siap-siap sudah, Ia juga tanyakan kepada Pak Kapolres dan Kajari Pulau Taliabu harus siap mengaudit DD tersebut dan perintahkan cek utang para kepala Desa yang lama di seluruh tempat hiburan malam atau kave-kave itu. "Jika masih terdapat utang disana, harus segera diperiksa." tandasnya. ( Jek/Redaksi)