Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 10 Maret 2023, 2:23:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-10T07:23:47Z
NEWSRegional

Dinas Pertanian Taliabu Akan Adakan Bibit ke Kelompok Tani

Advertisement


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Program kerja untuk tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara, melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulau Taliabu.


Kepala Dinas Pertanian, Septinus Barunggu menyampaikan bahwa, untuk tahun ini Dinas Pertanian akan adakan  bantuan bibit diantaranya, sayur, melada, bantuan saprodi dan pengendalian hama seksofa. Ada juga pembukaan percetakan sawah yang saat ini akan digarap karena sudah ada tempatnya.


“Iya, untuk pembukaan sawah itu terletak di Desa Sahu dan Desa Bombono Kecamatan Taliabu Utara.”Ujarnya, saat dikonfirmasi salah satu awak media. Kamis (09/03/2023).


Kata Septianus, bantuan bibit pinang yang akan kami sebarkan ke Desa-desa yang akan membutuhkannya. 


Selain itu, ada juga Pengadaan dan pengembangan sarana Pertanian didalamnya ada Pembagunan Jalan Usaha Tani." katanya.


Untuk Pembagunan Jalan Tani, kami anggarkan sesuai dengan proposal yang masuk karena sesuai dengan hasil Musrembang tahun 2022 lalu. 


"Dimana titik-titiknya yang akan ditempatkan dan juga harus sesuai dengan anggaran yang tersedia,” katanya.


Selanjutnya di tahun 2023 ini, kami melakukan ferifikasi ulang soal kelompok tani agar mengetahui mana yang aktif, dan mana yang tidak aktif.


"Sehingga, kolempok tani ini harus ada pembinaan maka Dinas Pertanian akan merekrut beberapa penyuluh pertanian, untuk ditempatkan disetiap Kecamatan." imbunya


Kepala Dinas Pertanian Pulau Taliabu berharap kepada kelompok tani agar mengelola bantuan ini dengan baik. (Jek/Redaksi)