Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 10 Maret 2023, 2:21:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-10T07:21:24Z
NEWSRegional

Jelang Hari Jadi, Forkopimcam Tengaran Lakukan Pengambilan Air Perwitasari di Sruwen

Advertisement


Ungaran,MATALENSANEWS.com– Pengambilan air perwitasari (Susuk Wangan) untuk jamasan pusaka itu dilakukan dalam rangka Menyambut HUT  Kabupaten Semarang  ke 502 .


pengambilan air berlangsung  di sumber air Kaliringin, desa Sruwen  Jumat 10 Maret 2023 pagi.


Kepada awak media, Ketua Lembaga Kesenian Kecamatan Tengaran, Slamet Widodo mengatakan jika Kegiatan Pengambilan Air (Susuk Wangan) dilakukan semata mata untuk Jamasan  Pusaka kabupaten Semarang.


“Pengambilan Air ini nantinya akan di Jadikan satu, di gabung dengan sumber mata air lain dari 15 desa dikecamatan Tengaran, airnya di gunakan untuk jamasan pusaka di Pendopo” ujar Widodo.


Ketua Lembaga Kesenian Kecamatan Tengaran ini menambahkan, seperti tahun tahun sebelumnya, agenda utama pengambilan air dalam rangka HUT kabupaten Semarang dimulai dengan prosesi pengambilan Air Perwitasari, untuk dikecamatan Tengaran bertempat di sumber air Kaliringin desa Sruwen.


“lokasi mata air disendang desa Sruwen ini cukup istimewa,karena airnya jernih dan terjaga kelestariannya” tambah Widodo.


Sementara itu sebelum prosesi  pengambilan air, juga dilakukan “dawuhan” yakni warga mengucap syukur dan berdoa bersama atas limpahan air dari Tuhan Yang maha Esa. 


Pantauan wartawan dalam  kegiatan  pengambilan air juga diisi dengan penebaran bibit ikan di lokasi kali Ringin dan Pelepasan burung Perkutut serta burung dara yang di lanjutkan dengan penanaman pohon Beringin oleh Forkopimcam Tengaran dan kepala Desa.


Camat Tengaran, Dewanto Leksono menyampaikan terima kasih kepada Kepala desa Sruwen dan Warga yang hadir karena berkenan menjadi tuan rumah dalam Acara kegiatan Pengambilan Air.(Arif)