Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 24 April 2023, 8:39:00 PM WIB
Last Updated 2023-04-24T13:40:36Z
NEWSSosok

Kisah Jenderal Baret Merah Kopassus Keturunan Tionghoa Tumpas Para Teroris Tanpa Ampun

Advertisement

Foto : ilustrasi Pasukan Kopassus

JAKARTA,MATALENSANEWS.com – Nama Korps Baret Merah Kopassus semakin dikenal di mancanegara usai peristiwa Woyla pada 28 Maret 1981 atau 41 tahun silam.


Kala itu, Korps Baret Merah Kopassus berhasil menumpas aksi terorisme yang dilakukan kelompok Komando Jihad yang nekat membajak pesawat komersial milik negara, Garuda Indonesia.


Salah satu anggota Kopassus yang ikut dalam Operasi Woyla adalah Letjen TNI (Purn) Kuntara. Lahir dari orangtua keturunan Tionghoa, Kuntara merupakan Arbituren Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1963.


Kala itu, Presiden Suharto memanggil Kapusintelstrat, L.B. Murdani ke Cendana. L.B. Murdani pun memerintahkan Asisten Operasi Kopassandha, Letkol Sintong Pandjaitan untuk membuat rencana operasi pembebasan dengan 35 personel.


Adapun beberapa perwira berpengalaman seperti A.M. Hendropriyono, Luhut Binsar Pandjaitan dan Prabowo Subianto sedang tidak ada di tempat. Hendropriyono sedang mengikuti latihan gabungan ABRI di Maluku. 


Sedangkan Luhut Pandjaitan dan Prabowo sedang menjalani pendidikan di Jerman Barat bersama GSG-9 (pasukan khusus Jerman).


Sintong pun tinggal di asrama karena kakinya tengah cedera usai latihan Mobile Training Team (MTT) dari Pasukan Khusus Amerika Serikat di Cijantung, pada awal 1981.


Dalam buku “Sintong Pandjaitan: Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando”, dia pun akhirnya dipercaya merencanakan operasi, kendati kakinya masih harus di-gips.


Satu pesawat berjenis sama, Douglas DC-9, dipinjam untuk latihan singkat di hangar Garuda, sebelum berangkat ke Thailand.


Singkat cerita, pada 31 Maret 1981, sinyal hijau diberikan untuk menjalankan operasi pada hari keempat penyanderan. Grup-1 Para Komando (cikal bakal Detasemen-81 Gultor Kopassus) membuat tiga tim yang akan menerobos pintu samping dengan memanjat sayap pesawat, sementara satu tim lainnya lewat pintu belakang.


Dalam waktu singkat, tiga tim Kopassandha mendobrak pintu samping serta belakang. Mereka melumpuhkan para anggota Komando Jihad yang menyandera di dalam pesawat.


Aksi pasukan baret merah ini pun langsung mendapat pengakuan dunia internasional. Bahkan, Kopassandha disejajarkan dengan pasukan elite dunia seperti GSG 9 (Jerman) dan Mossad (Israel).


Setelah mengikuti Operasi Woyla, karier Kuntara pun melesat. Sebelum menjadi Danjen Kopassus, Letjen TNI Purn Kuntara menjabat Wadanjen Kopassus pada tahun 1986-1987.


Kuntara juga pernah menjabat Wadanjen Kopassandha pada tahun 1983-1986. Pascapensiun dari TNI, Kuntara yang fasih berbahasa Mandarin ini, kemudian dipercaya untuk menjabat Duta Besar (Dubes) China pada 1997 sampai 2001.


Letjen TNI (Purn) Kuntara meninggal dunia di usia 82 tahun karena sakit pada Sabtu 21 Agustus 2021. Kuntara meninggal di Rumah Sakit Gatot Soebroto Jakarta, sekitar pukul 06.10 WIB pagi.(Djoko S/ Redaksi)