Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Kamis, 11 Mei 2023, 8:36:00 AM WIB
Last Updated 2023-05-11T01:36:25Z
NEWSRegional

DPU-PR Taliabu Merespon Cepat Keluhan Masyarakat Lakukan Perbaikan Ruas Jalan Bobong-Kramat

Advertisement


TALIABU,MATALENSANEWS.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pulau Taliabu merespon cepat terhadap keluhan masyarakat. akhirnya bergerak cepat untuk melakukan perbaikan Ruas jalan Bobong - Kramat pada Pemrov Maluku Utara.


Sebab, Ruas jalan Bobong- Kramat tengah mengalami kerusakan mengakibatkan tidak adanya pembuatan saluran permanen di bahu jalan sehingga pada saat hujan air mengalir masuk dan merusak badan jalan tersebut.


"Berawal dari kejadian tanggal 3 Mei 2023, saat rombongan menuju ke Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut dalam menghadiri kegiatan sehingga dilakukan penanganan sementara sambil menunggu pekerjaan saluran," Ujar, Sudarman selaku Kepala bidang Bina marga via pesan Watshapp dalam grupnya, Rabu (10/05/2023). 


Ia menyampaikan, kondisi terjadi hujan lebat di ibukota Bobong dan sekitarnya pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei tahun 2023, karena cuaca tidak maksimal. 


"Kemudian pada tanggal 7 Mei 2023, dilakukan penanganan lanjutan hingga hari ini masih berlanjut


Tidak hanya itu kata dia, Ruas Jalan itu berukuran sepanjang 7,9 Km sudah teraspal pada Tahun 2015, sampai dengan 2016 lalu. Dan di anggarkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara.


Ruas jalan tersebut tidak termasuk saluran di bahu jalan. Tepatnya di lokasi Desa Kilong yang berdekatan dengan Kantor UPTD Kehutanan.



Selanjutnya. "Beredarnya video viral itu, karena pekerjaan jalan yang mengalami kerusakan yang mengakibatkan tidak adanya pembuatan saluran permanen di bahu jalan sehingga pada saat hujan air mengalir masuk dan merusak badan jalan segmen ini dengan panjang kurang lebih 500 meter," timpalnya.


Masih dia, mengatakan bahwa, penanganan saluran, Pemda menganggarkan pada 2023 ini untuk pembuatan saluran pada segmen ini dengan Anggaran 1,5 Miliar dan sudah mulai eksen dalam penkerjaan untuk mengurangi dampak yang lebih besar lagi.


Selanjutnya, untuk penanganan Jalan, Pemda sudah mengusulkan ke Kementerian PU-PR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) Maluku Utara melalui Program Inpres Jalan Daerah. 


Pak Kabid bilang, usulan pemkab Pulau Taliabu di Program Inpres 2022, salah satunya Jalan Bobong – Kramat yang saat ini sudah Approve dan sekarang masuk pada tahapan persiapan Lelang dengan nilai pagu Usulan 24,207 Miliar. 


Karena kami baru saja di hubungi oleh PPK BPJN Maluku Utara untuk update Harga BBM dan Aspal di Taliabu.


Kabid PU-PR Pulau Taliabu juga berharap semoga lancar dalam Prosesnya dan cepat di lakukan Pekerjaan. PU-PR juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) Maluku Utara, yang sudah mengakomodir usulan Pemda Kabupaten Pulau Taliabu. Akhiri penjelasan dia. (Jek/Redaksi)