Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 10 Mei 2023, 10:19:00 PM WIB
Last Updated 2023-05-10T15:19:23Z
NEWSRegional

Akibat Tak Ada Saluran, Ruas Jalan Bobong-Kramat Mengalami Kerusakan, BPJN Malut Persiapan Proses Lelang 24 M

Advertisement


TALIABU,MATALENSANEWS.com - Video viral Hari ini yang  berlokasi di Ruas jalan Bobong - Kramat. Berawal dari kejadian tanggal 3 Mei 2023, saat rombongan menuju ke Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut dalam menghadiri kegiatan sehingga dilakukan penanganan sementara sambil menunggu pekerjaan saluran. 


Namun karena kondisi terjadi hujan lebat di ibukota Bobong dan sekitarnya pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei tahun 2023, karena cuaca tidak maksimal. 


"Kemudian pada tanggal 7 Mei 2023, dilakukan penanganan lanjutan hingga hari ini masih berlanjut," kata Sudarman selaku Kepala bidang bina marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PU-PR) Pulau Taliabu, via pesan grup Watshapp. Rabu ( 10/05/2023) sore tadi.


Tidak hanya itu kata dia, Ruas Jalan itu berukuran sepanjang 7,9 Km sudah teraspal pada Tahun 2015, sampai dengan 2016 lalu. Dan di anggarkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara.


Ruas jalan tersebut tidak termasuk saluran di bahu jalan. Tepatnya di lokasi Desa Kilong yang berdekatan dengan Kantor UPTD Kehutanan.


"Beredarnya video viral itu, karena pekerjaan jalan yang mengalami kerusakan yang mengakibatkan tidak adanya pembuatan saluran permanen di bahu jalan sehingga pada saat hujan air mengalir masuk dan merusak badan jalan segmen ini dengan panjang kurang lebih 500 meter," ujar dia.


Masih dia, mengatakan bahwa, penanganan saluran, Pemda menganggarkan pada 2023 ini untuk pembuatan saluran pada segmen ini dengan Anggaran 1,5 Miliar dan sudah mulai eksen dalam penkerjaan untuk mengurangi dampak yang lebih besar lagi.



Selanjutnya, untuk penanganan Jalan, Pemda sudah mengusulkan ke Kementerian PU-PR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara melalui Program Inpres Jalan Daerah. 


Usulan pemkab Pulau Taliabu di Program Inpres 2022, salah satunya Jalan Bobong – Kramat yang saat ini sudah Approve dan sekarang masuk pada tahapan persiapan Lelang dengan nilai pagu Usulan 24,207 Miliar, terang Kabid PU-PR Pulau Taliabu.


Karena kami baru saja di hubungi oleh PPK BPJN Maluku Utara untuk update Harga BBM dan Aspal di Taliabu.


Kabid PU-PR Pulau Taliabu juga berharap semoga lancar dalam Prosesnya dan cepat di lakukan Pekerjaan. PU-PR juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) Maluku Utara, yang sudah mengakomodir usulan Pemda Kabupaten Pulau Taliabu. Akhiri penjelasan dia. (Jek/Redaksi)