Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Rabu, 10 Mei 2023, 11:07:00 AM WIB
Last Updated 2023-05-10T04:07:36Z
BERITA POLISINEWS

Kapolresta Magelang: Mapolsek Borobudur Bakal Dibangun 2 Lantai

Advertisement


MAGELANG,MATALENSANEWS.com - Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Mess dan Mako Polsek Borobudur, Polresta Magelang, Polda Jawa Tengah TA 2023, Selasa (09/05/2023) pagi.


Kegiatan dihadiri oleh Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polresta Magelang, para Kasat, Kapolsek Jajaran Polresta Magelang. Juga hadir Muspika Kecamatan Borobudur, Kepala Puskesmas Borobudur, GM TWCB, Kepala Museum Cagar Budaya Borobudur, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Borobudur. Tampak pula hadir Kades Wringinputih, Direktur CV Teknik Olah Pratama, Direktur CV Olah Karya Estetika, Pengawas Eksternal dari DPU, Konsultan Rencana dan Pengawas.


Kapolresta Magelang mengungkapkan pembangunan Mess dan Mako Polsek Borobudur saat ini termasuk Sat Pam Obvit Borobudur. Terhitung mulai tanggal 4 Mei 2023 sesuai dengan kontrak 6 bulan ke depan atau 180 hari kerja dan direncanakan tanggal 30 Oktober 2023 akan selesai.


"Termasuk bangunan nanti akan lebih representatif dari sisi estetika, tata bangunan, dan lain-lain akan lebih nyaman. Ini kaitannya dengan Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas. Sehingga pelayanan kepada masyarakat diharapkan akan lebih baik,” ujar Kombes Pol Ruruh Wicaksono.


Mako Polsek Borobudur rencana akan dibangun 2 lantai, lantai pertama akan dipakai oleh Satpam Obvit dan lantai kedua akan dipakai oleh Polsek Borobudur. Selain itu, juga akan dibangun Mess sebagai tempat tinggal personel Polri sebanyak 10 kamar.


Kapolresta Magelang menyebutkan anggaran yang disiapkan untuk pembangunan tersebut sebesar kurang lebih 5,5 Miliyar. Hal itu sebagai dampak dari kenaikan Type dan Candi Borobudur sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas.


“Idealnya untuk personel lebih dari 50 anggota, namun saat ini baru ada 32 anggota. Sehingga akan kita ajukan untuk penambahannya," jelasnya. 


Kombes Pol Ruruh menambahkan untuk saat ini yang dibangun baru Polsek Borobudur, rencananya secara bertahap juga akan dibangun Polsek Mungkid dan Windusari. Sedangkan untuk Polsek yang lainnya, mengingat status kepemilikan tanah masih milik Kas Desa, maka ada hubungannya dengan Bupati Magelang.


“Maka akan kita ajukan untuk proses hibahnya. Sementara untuk perbaikannya maka akan kita ajukan perawatannya dari internal kami,” terangnya.


Dikatakan, dampak dari pembangunan Mako dan Mess ini maka pelayanan tetap akan diberikan kepada masyarakat. Namun tempatnya akan dipindahkan ke Rumah Dinas Dokter di sebelah Koramil Borobudur, direncanakan bulan Agustus 2023 mendatang.


"Terkait dengan proses perpindahan pelaksanaan pelayanan oleh Polsek Borobudur sudah kita informasikan dan sosialisasikan ke masyarakat," pungkas Kombes Pol Ruruh. (Tri)