Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Kamis, 25 Mei 2023, 2:05:00 PM WIB
Last Updated 2023-05-25T07:05:21Z
BERITA TNINEWS

Peringati Hari Jadi Sragen, Kasdim Ziarah ke Makam Pemimpin Terdahulu

Advertisement


Sragen,MATALENSANEWS.com-Dalam rangka hari jadi Kabupaten Sragen ke 277, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati atau sering dipanggil Mbak Yuni menggelar serangkaian acara, salah satunya yakni menggelar ziarah ke makam Sultan Hadiwijaya atau sering dipanggil Joko Tingkir di kampung Butuh, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023) pagi.


Dalam ziarah kali ini, Bupati Yuni ditemani oleh Wakil Bupati Sragen Suroto, Sekda Sragen Hargiyanto, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama dan Dandim yang diwakilkan Kepala Staf Kodim 0725/Sragen serta sejumlah kepala dinas.


Sesampainya di makam Sultan Hadiwijaya, bupati Yuni langsung menggelar doa bersama dan tabur bunga merah putih ke atas makam. bupati Yuni menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ke makam di wilayah Butuh sudah rutin dilakukan setiap tahunnya.


“Ini dalam rangka hari jadi Kabupaten Sragen sudah menjadi kegiatan rutin kita lakukan, salah satunya silahturahmi kepada sesepuh tokoh Masyarakat Sragen dan para bupati sepuh itu yang masih sugeng yang sudah sedo kita ziarahi termasuk hari ini kita berziarah ke makam sejarah berdirinya Sragen,” kata Bupati Yuni


Bupati juga menyampaikan untuk tidak pernah melupakan sejarah tentang berdirinya Sragen.


“Tahun ini beda, ada tambah satu yaitu pak Sriyadi yang kemarin kita baru temukan makamnya ternyata ada di Solo, habis ini kita kesana dan kemarin memang kita cek kita tanyakan pada keluarganya memang betul beliau Bupati Sragen tahun 70an,” jelasnya.


Bupati Sragen juga berharap, dengan agenda ziarah ke makam para pendiri Sragen ini bisa diteruskan oleh Bupati Sragen selanjutnya.

“Sragen ini tentu ada cikal bakalnya dan ada yang meletakan sejarah dan orang orang penting, semoga nanti penerusnya juga bisa melakukan yang sama,” harapnya.

Kegiatan dilanjutkan Pembagian Sembako secara simbolis kepada 5 orang perwakilan, dengan jumlah sembako sebanyak 100 paket


(Agus Kemplu)