Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Selasa, 11 Juli 2023, 9:42:00 PM WIB
Last Updated 2023-07-11T14:42:24Z
BERITA PERISTIWANEWS

Amuk Puting Beliung Hantam 21 Rumah di Desa Bapenu Taliabu Selatan, Pemda Harus Berikan Bantuan

Advertisement


TALIABU|MATALENSANEWS.com – Puluhan rumah di Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara rusak akibat  Angin puting beliung yang melanda kawasan tersebut pada Selasa (11/7/2023). Angin menerjang saat hujan deras mengguyur lokasi.


Dijelaskan Kepala Desa Bapenu, Kecamatan Taliabu Selatan, Junaedi mengatakan peristiwa terjadi pada pagi hari. Tak lama hujan, puting beliung datang menghantam puluhan Bangunan rumah yang terletak di Dusun 001 Pulau Woyo dan Dusun 002 Lambuse, Desa Bapenu pada Selasa pagi hari sekitar Jam 06.00 Waktu Indonesia timur. angin menghantam pemukiman terjadi sekitaran 20 menit disertai hujan lebat.


"Untuk korban jiwa tidak ada, kemudian kerugian material rumah rusak parah dan ringan sejumlah 21 rumah diantaranya; di Dusun Pulau Woyo terdapat 13 rumah dan Dusun Lambuse ada 8 rumah. Diperkirakan kerugian ratusan juta rupiah," Ungkapnya pada salah satu awak media. Selasa 11/7/2023.


Kata junaedi, warga yang korban putting beliung masih dalam kewaspadaan dengan adanya angin putting beliung susulan dan warga juga belum  mendapatkan bantuan dari Dinas terkait atau BPBD Kabupaten, sehingga warga bergotong royong saling bantu membantu dan memperbaiki rumah yang terkena putting beliung tersebut.


Ia berharap agar warganya cepat mendapatkan sentuhan atau bantuan secepatnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pulau Taliabu." harapnya.


Sementara ini,  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan BPBD Kabupaten Pulau Taliabu belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini ditayangkan, awak media ini masih berupaya untuk melakukan konfirmasi lebih detail. ( Redaksi/Jek)