Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 11 Juli 2023, 11:04:00 PM WIB
Last Updated 2023-07-11T16:04:22Z
BERITA PERISTIWANEWS

Puting Beliung Hantam 2 Desa di Taliabu Selatan, Puluhan Rumah Warga Rusak

Advertisement


TALIABU|MATALENSANEWS.com –  Angin puting beliung menghantam dua desa di Kecamatan Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut). Akibatnya, puluhan rumah warga rusak.


Walaupun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sebagian warga yang rumahnya porak poranda, terpaksa mengungsi.


Sebanyak 10 rumah warga di Desa Galebo Kecamatan Taliabu Selatan rusak dihantam angin puting beliung.


Menurut, Kepala Desa Galebo, Budiarto bahwa kronologi kejadian, terjadinya hujan deras dari malam hari disertai angin kencang pada jam 05.30 Waktu Indonesia timur. Angin kencang menghancurkan 10 rumah warga yang berada di Tiga Dusun yaitu; Dusun Suka Maju sebanyak 6 rumah, Dusun Pancasila terdapat 2 rumah, kemudian Dusun Maju Jaya terdapat 2 rumah.


"Adapun nama-nama korban rumah diantaranya ;  Sofyan Djafarudin, Imran, Dahlianto, La Ampera, Ny Arisa, dan La Gira ( Warga Dusun Suka Maju), Maharudin, Alimudin Said ( Warga Dusun Pancasila), La Ode Muh Kasim, Zamrudin ( Warga Dusun Maju Jaya)." Ungkap, Budiarto 



Sementara di Desa Bapenu sebanyak 21  rumah warga rusak.


Dijelaskan Kepala Desa Bapenu, Kecamatan Taliabu Selatan, Junaedi mengatakan peristiwa terjadi pada pagi hari. Tak lama hujan, puting beliung datang menghantam puluhan Bangunan rumah yang terletak di Dusun 001 Pulau Woyo dan Dusun 002 Lambuse, Desa Bapenu pada Selasa pagi hari sekitar Jam 06.00 Waktu Indonesia timur. angin menghantam pemukiman terjadi sekitaran 20 menit disertai hujan lebat.


"Untuk korban jiwa tidak ada, kemudian kerugian material rumah rusak parah dan ringan sejumlah 21 rumah diantaranya; di Dusun Pulau Woyo terdapat 13 rumah dan Dusun Lambuse ada 8 rumah. Diperkirakan kerugian ratusan juta rupiah," Ungkapnya pada salah satu awak media. Selasa 11/7/2023.


Kata junaedi, warga yang korban putting beliung masih dalam kewaspadaan dengan adanya angin putting beliung susulan dan warga juga belum  mendapatkan bantuan dari Dinas terkait atau BPBD Kabupaten, sehingga warga bergotong royong saling bantu membantu dan memperbaiki rumah yang terkena putting beliung tersebut.


Ia berharap agar warganya cepat mendapatkan sentuhan atau bantuan secepatnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pulau Taliabu." harapnya.


Sementara ini,  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan BPBD Kabupaten Pulau Taliabu belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini ditayangkan, awak media ini masih berupaya untuk melakukan konfirmasi lebih detail. ( Redaksi/Jek)