Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 17 Agustus 2023, 1:42:00 PM WIB
Last Updated 2023-08-17T06:42:03Z
BERITA POLISINEWS

Amankan Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (AEM), Polisi Pasang X Ray Hingga Periksa Menu Makanan Para Delegasi

Advertisement


SEMARANG | MATALENSANEWS.com - Kepolisian Daerah Jawa Tengah pasang ( Polda Jateng ) alat X Ray dan unit security door  di lokasi pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN ECONOMIC MINISTERS (AEM) di Semarang.


Kabidhumas Polda Jateng  Kombespol Satake Bayu Setianto mengatakan untuk X Ray tersebut rencananya akan dipasang di sejumlah titik seperti di Hotel Pandanaran maupun Hotel Padma dimana pertemuan berlangsung.


"Personil Pengamanan Subsatgas Pamobvit telah  memasang X ray di beberapa titik pemasangan antara lain di depan Ballroom Pandanaran Hotel Padma dan Lorong akses menuju Ballroom Hotel Padma," ujarnya Kamis (17/8/2023).


Kombespol. Bayu menuturkan pemasangan X Ray ini bertujuan untuk mendeteksi barang-barang berbahaya yang meliputi senjata api, senjata tajam obat-obat terlarang hingga bahan peledak.


Lebih lanjut Kabidhumas menjelaskan Pertemuan Menteri Ekonomi Negara Anggota Asean ke-55 ini mulai berlangsung hari ini 17–22 Agustus 2023 di Padma Hotel, Kota Semarang. Peserta pertemuan tersebut terdiri tidak hanya perwakilan dari negara anggota ASEAN tetapi juga negara mitra ASEAN seperti, Australia, Canada, China, Russia, Uni Eropa, India, Japan, New Zealand, South Korea, USA, dan Inggris.


Rangkaian pertemuan AEM ke-55 terdiri atas 19 pertemuan dan 9 kegiatan unggulan. Agenda ini akan dihadiri para Menteri dan Wakil Menteri dari berbagai negara.


"Pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan pihak EO maupun pengelola lokasi dan stakeholder terkait untuk menentukan titik pengamanan dari tim tirai dan titik penempatan X Ray dan  secdoor guna kelancaran kegiatan AEM," imbuh Kabid Humas.


Selain melakukan pengamanan kegiatan AEM, Polda Jateng juga memeriksa menu makanan yang akan dihidangkan untuk para Menteri dan delegasi.


"Pelaksana Food Safety dari Personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes). Tim ini bertugas memastikan keamanan menu yang dihidangkan untuk delegasi dan Menteri yang hadir dalam kegiatan tersebut," tandasnya


Tim biddokkes, tambahnya, juga menyiapkan sarana ambulance dan posko kesehatan untuk memastikan kebugaran dan kesehatan para tamu.


Rencananya Pertemuan AEM akan dipimpin Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, diawali dengan Pertemuan Pejabat Ekonomi Senior (Senior Economic Ministers’ Meeting/SEOM)’ dan dirangkai dengan pertemuan terkait lainnya (Meeting and Related Meetings).


Sementara itu Karoops Polda Jateng Kombes. Pol. Basya Radyananda mengingatkan kepada seluruh personel pengamanan agar bertugas dengan baik dan lakukan sesuai tupoksi yang ada. 


"Saya ingatkan kembali kepada seluruh petugas bahwa pengamanan ini sudah terstruktur dalam sebuah organisasi pengamanan yang sinergis antar fungsi utama kepolisian dan fungsi bantuan maupun fungsi pendukung dan bekerja secara integral," pungkasnya.


Kontributor : Farid/Rendy