Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Jumat, 25 Agustus 2023, 10:07:00 AM WIB
Last Updated 2023-08-25T03:07:31Z
BERITA PERISTIWANEWS

Dalam Sehari, 2 Pabrik Briket Arang di Tengaran Terbakar, Kasatpol PP Himbau Pengusaha Sediakan APAR

Advertisement


Ungaran|MATALENSANEWS.com-Dalam sehari dua  pabrik briket arang di Tengaran hangus terbakar. Kebakaran pertama terjadi di pabrik briket arang  CV. Prime Diva Briket  didusun Jetis RT 08 RW 5 desa Patemon, Kamis (24/08/2023)  pukul 14.30 wib. Sedangkan kebakaran kedua menimpa  pabrik briket arang batok Kelapa Dona Rosa dusun  Karangduren RT 02 RW 01 desa  Karangduren Kecamatan  Tengaran Kabupaten  Semarang.


Kedua kasus kebakaran itu terjadi pada bagian oven pengering briket. Hingga mengakibatkan   kerugian diperkirakan mencapai Milyaran rupiah.


Berdasarkan data yang dihimpun di TKP, kasus kebakaran yang menimpa pabrik milik Danang Putra Kurniawan, warga jalan Sumba No 40  Tegalrejo Argomulyo Kota Salatiga, sumber api berawal dari panas Oven pengering Briket Arang Batok Kelapa. 


Hal ini berdasarkan  keterangan Saksi Sulimin warga  Kuncen RT 17 RW 03 desa Karangduren Kecamatan  Tengaran yang saat itu berada di TKP. Saat dimintai keterangan oleh Polsek Tengaran.


Saat itu Sulimin  melihat ada kobaran api di atap atas oven Briket Arang bagian C yang terkait dengan blower. 


Sulimin Kemudian memberitahu Riski bersama temanya Sumarno dan  Yaya Sunarya bersama sama berusaha  memadamkan api dengan alat yang tersedia di pabrik namun tidak mampu.


Sementara karyawan lain mencoba menghubungi Damkar pos Tengaran.


Akibat kebakaran yang terjadi di Pabrik Briket Arang Batok Kelapa Dona Rosa Karangduren kerugian sementara  ditaksir  700 Juta, karena sebagian briket dan bangunan ludes .


Vidio..! Suasana saat petugas PMK memadamkan api di pabrik briket Dona Rosa


Beruntung dalam musibah kebakaran kedua pabrik briket arang di Tengaran ini tidak ada korban jiwa.


Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Anang Sukoco mengatakan guna menghindari kebakaran pada pabrik briket hendaknya pengusaha menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher yang jika dalam keadaan darurat bisa digunakan  untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. “Keberadaan APAR supaya disesuaikan dengan Kebutuhan, dicek  kelayakan APAR nya, Instalasi kabel supaya standar sesuai SNI” ungkap Anang dilokasi kejadian.


Anang Sukoco menambahkan untuk mengantisipasi kebakaran hendaknya pabrik bisa  memberikan pelatihan untuk para petugas/ pegawai perusahaan tersebut untuk meningkatkan Kapasitas pengetahuan perihal penanganan bencana kebakaran.(Kak Ayif)