Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 11 Desember 2023, 6:27:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-11T11:27:53Z
BERITA PERISTIWANEWS

Badan Geologi ESDM Ungkap Temuan 'Harta Karun' Lithium di Bledug Kuwu, Jawa Tengah

Advertisement


Grobogan|MATALENSANEWS.com-Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengumumkan temuan signifikan berupa sumber daya lithium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (11/12/23).


Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin, mengungkapkan bahwa potensi lithium di wilayah tersebut menunjukkan kuantitas yang besar.


Menurut Awaluddin, fokus saat ini adalah melakukan kajian lebih mendalam terhadap sumber lithium yang baru ditemukan di Bledug Kuwu. "Kita ke depan prioritas di Bledug Kuwu, karena itu sampai 1.000 PPM lebih. Dan itu kan dalam satu cekungan besar yang artinya medan berburunya masih luas," ujarnya.


Selain lithium, Awaluddin juga menyebut bahwa wilayah ini mengandung mineral Boron yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam teknologi bahan bakar hidrogen. "Ada satu lagi boron itu juga penting, mineral boron," tambahnya.


Penelitian untuk menemukan lithium di wilayah Bledug Kuwu sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2020. Namun, karena terhambat oleh pandemi COVID-19, kajian intensif baru dapat dilanjutkan pada tahun 2023.


"Sebenarnya (kajian dimulai) sejak tahun lalu sejak 2020 ya sebenarnya terputus covid kita lanjut tahun ini 2023 dan menghasilkan beberapa hasil lab yang menggembirakan," ungkap Awaluddin.(Farid)