Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 08 Desember 2023, 2:24:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-08T07:31:40Z
NEWSRegional

Desa Delik Tuntang Meraih Penghargaan 10 Desa Cantik Terbaik se-Indonesia Tahun 2023

Advertisement


Ungaran|MATALENSANEWS.com-Desa Delik di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, meraih penghargaan sebagai salah satu dari 10 Desa Cantik Terbaik se-Indonesia tahun 2023. 


Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI dalam acara "Award Desa Cantik, Desa Cinta Statistik" di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Senin, 4 Desember 2023. 


Desa Delik diakui atas pengelolaan data yang komprehensif, yang memberikan kontribusi besar dalam perencanaan pembangunan program kesehatan, pendidikan, penanggulangan kemiskinan ekstrim, dan lansia pada tahun 2024.


Kepala Desa Delik, Punadi, menyatakan bahwa pemanfaatan data dari program Desa Cantik BPS telah memungkinkan mereka untuk memiliki informasi yang komprehensif terkait perencanaan pembangunan, Jumat (8/12/23).


Data-data tersebut telah terdokumentasi dengan lengkap dan diakses melalui situs web yang telah dibuat oleh Kominfo. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk melihat penggunaan anggaran desa secara transparan.


Punadi menjelaskan bahwa sebelum lomba dimulai, data dikumpulkan dari setiap RT dan disusun melalui agen statistik yang bekerja sama dengan desa. 


Penilaian yang dilakukan oleh BPS sejak tahun 2022, berhasil membawa Desa Delik dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga juara di tingkat nasional.



Camat Tuntang, Aris Setyawan, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Desa Delik, yang mampu mewakili Kabupaten Semarang di tingkat nasional. 


Dia berharap Desa Delik dapat menjadi contoh sebagai desa anti korupsi di masa yang akan datang.


Aris juga menyoroti bahwa kompetisi ini menjadi pengalaman pertama bagi desa-desa dalam memahami pentingnya statistik dalam pembangunan. 


Program ini membantu desa-desa untuk mengandalkan data yang lengkap sebagai dasar pertimbangan dalam merencanakan pembangunan, seperti contohnya program jambanisasi yang diinisiasi oleh Desa Delik untuk meningkatkan sanitasi warga.


Dengan kunjungan tim penilai Field Evaluation Program Desa Cantik dari BPS RI, Desa Delik mampu memanfaatkan data-data penting seperti jambanisasi, kebutuhan pendidikan, kondisi lanjut usia, dan data warga miskin.


Selain Desa Delik, 9 desa lainnya yang masuk dalam 10 Desa Cantik Terbaik 2023 adalah Desa Kampung Gadang (Sumatra Barat), Desa Bailanggu (Sumatera Selatan), Kelurahan Tahoa (Sulawesi Utara), Desa Cibeureum (Jawa Barat), Desa Bumiayu (Jawa Tengah), Desa SumberSuko (Jawa Timur), Desa Wanasari (Bali), Desa Kalimantong (Nusa Tenggara Barat), dan Desa Mendupo (Kalimantan Utara).


Edytor : Guntur