Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 01 Desember 2023, 3:02:00 AM WIB
Last Updated 2023-11-30T20:02:45Z
BERITA UMUMNEWS

DPD SWI Karanganyar Gelar Seminar 'Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik' Sebagai Kado Ulang Tahun Kabupaten Karanganyar ke-106

Advertisement


Karanganyar|MATALENSANEWS.com-DPD SWI Karanganyar sukses menggelar seminar bertajuk "Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik Menuju Karanganyar Good Governance" sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-106 Kabupaten Karanganyar. 


Acara yang diadakan di Permata Sari Hotel Karanganyar ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk unsur Pemda, Camat, Lurah, Kepala Desa, N.G.O, dan undangan umum lainnya pada Kamis, 30 November 2023.


Dalam seminar tersebut, antusiasme peserta terlihat jelas saat beberapa perwakilan menyampaikan pandangan mereka terkait Keterbukaan Informasi Publik. 


Hadir dalam acara tersebut adalah Plt. Bupati Karanganyar H. Rober Christanto, SE, M.M., serta tokoh-tokoh penting lainnya seperti Setda Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., M.Si., dan Forkopimda Karanganyar.


Plt. Bupati menyampaikan apresiasi kepada DPD SWI Karanganyar atas kado ulang tahun yang telah diberikan kepada Kabupaten Karanganyar. 


Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya keterbukaan informasi dengan ungkapan, "Setebal apapun tembok, tidak dapat menyembunyikan informasi yang kita sembunyikan," sambil memberi pesan kepada rekan-rekan wartawan agar keterbukaan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan yang melanggar hukum dan norma di Indonesia.


Ketua DPD SWI Karanganyar, Husein, juga menegaskan hak yang sama bagi organisasi jurnalis seperti DPD SWI dalam hal keberadaannya di Karanganyar. 


Dia menyatakan kesiapannya untuk menjadi mitra pemerintah dalam mendukung hal-hal positif bagi masyarakat.


Selama seminar, tiga narasumber berbagi materi terkait keterbukaan informasi publik. Materi disampaikan oleh Dr. Hj. Eko Suwarni, S.H., M.H., tentang pengelolaan dana desa dan fungsi kepala desa, Zainal Abidin Petir, S.Pd., S.H., M.H., mengenai implementasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, dan Moh Asropi, S.Pd.I, membahas penyelesaian sengketa informasi publik, semuanya memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta.(Agus)