Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 15 Desember 2023, 3:53:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-15T08:53:13Z
BERITA TNINEWS

Upacara Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78: Kesakralan Memperingati Pertempuran Ambarawa

Advertisement


Batang|MATALENSANEWS.com-Upacara Peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat ke-78 berlangsung dengan khidmat di Kota Batang. Hari ini, 15 Desember 2023, merupakan tanggal yang mengingatkan akan Pertempuran Ambarawa, peristiwa penting yang diabadikan dalam sejarah Korps Infanteri TNI AD.


Dalam upacara tersebut, Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman, yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf. Slamet Muchadi, bersama anggota dan PNS Kodim, menggelar seremoni di Lapangan Makodim. 


Dengan tema "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI", acara ini diselenggarakan untuk memperingati perjuangan dan keberanian para pahlawan serta memupuk kemanunggalan TNI AD dengan rakyat dan alam.


Kepala Staf Kodim, sebagai inspektur upacara, membacakan amanat dari Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Darat. Dalam amanatnya, beliau mengapresiasi pengabdian dan dedikasi seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta keluarga mereka.


Peristiwa heroik di Pertempuran Ambarawa yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi generasi saat ini. Meski dalam kondisi sakit, kegigihan dan keberanian beliau dalam memimpin pasukan telah menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.


Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menekankan pentingnya tema peringatan hari ini, yaitu kemanunggalan TNI AD dengan rakyat dan alam. 


Beliau menggarisbawahi bahwa hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan era globalisasi, seperti perang asimetris, perubahan iklim, dan potensi konflik sosial.


TNI AD juga dipanggil untuk berperan aktif dalam pelestarian alam dengan memanfaatkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. 


Kasad menegaskan bahwa TNI AD dapat berkontribusi dalam pencegahan bencana alam dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.(Zaen)