Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 08 Januari 2024, 11:50:00 AM WIB
Last Updated 2024-01-08T04:50:51Z
NEWSRegional

Tingkat Kehadiran PNS Rendah, Wabup Hi.Ramli Soroti Kedisiplinan ASN Saat Apel Gabungan

Advertisement


BOBONG | MatalensaNews.com –Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pulau Taliabu, Hi. Ramli memimpin Apel Gabungan OPD Lingkup Pemkab Pulau Taliabu, di halaman Kantor Bupati tepatnya di Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat. Senin (08/1/2024) pagi tadi.


Pada apel gabungan kali ini, Wabup, Hi.Ramli melihat tingkat kehadiran PNS yang mengikuti apel sangat rendah. Kondisi ini sangat disayangkan oleh Wakil Bupati yang menurutnya pimpinan OPD harus menjadi contoh bagi bawahannya.


Dalam amanatnya, Wabup Ramli mengatakan salah satu variabel dari kinerja PNS adalah kedisiplinan waktu atau kehadiran masuk kantor, termasuk kewajiban mengikuti Apel Gabungan setiap hari Senin.


“Tingkat kehadiran itu baru salah satu ukuran, belum kita lihat apa yang PNS kerjakan,” ungkapnya.


Lebih lanjut dikatakan bahwa PNS harus memahami jika masyarakat masih membutuhkan pelayanan dari pemerintah. Pemulihan ekonomi juga belum tuntas sehingga penting pemerintah daerah terus bekerja melalui berbagai program yang dibutuhkan.


“Program pemerintah itu harus berdampak, dan bagaimana kita harus memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat,” pintanya.


Di triwulan pertama ini, tambahnya justru kinerja ASN harus dipermantap untuk mempersiapkan rencana program kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, termasuk mengevaluasi kegiatan tahun anggaran 2023 yang lalu, dimana saat ini BPK akan mulai melakukan pemeriksaan laporan keuangan.


Ia mengaku jangan karena adanya isu mutasi, semangat dan kinerja ASN menjadi menurun. Menurutnya ASN yang berorientasi mengejar jabatan itu hanya selalu membahas masalah mutasi.


“Janganlah menjadi PNS yang selalu mengejar jabatan,” ketusnya.


Namun demikian, Ramli tetap menaruh harapan bahwa kinerja ASN Pemkab Pulau Taliabu masih bisa diperbaiki dan ditingkatkan. 


Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya berkat kerjasama dan kolaborasi lingkup Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu.


"Semangat kolaborasi itu yang diharapkan oleh Wabup untuk terus dipertahankan dalam melaksanakan tahun anggaran 2024 ini." harapnya.


Tak hanya itu, Ramli juga menekankan kebijakan Pjs.Kades di Pulau Taliabu. Ia mengingatkan bahwa hal ini memiliki dampak langsung terhadap efektivitas pelayanan kepada masyarakat. (Red)