Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 06 Februari 2024, 9:52:00 PM WIB
Last Updated 2024-02-06T14:52:59Z
KesehatanNEWS

Dinkes Taliabu Melalui Puskesmas Nggele Gelar Rapat Pemberdayaan Kader Kesehatan di Desa Nggele

Advertisement


TALIABU | MatalensaNews.com-Pemerintah daerah, Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu melalui Puskesmas Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut. Puskesmas Nggele Gelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Serta Pembinaan Kader Kesehatan Dalam Penanggulangan Permasalahan P2P Menular.


Pelaksanaan pemberdayaan pada kader kesehatan yang dilaksanakan di Balai Desa Nggele dihadiri oleh, seluruh kader desa Nggele yang ada di wilayah Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu barat laut. Kader yang hadir merupakan kader posyandu, Sufiati, A.Md.Keb selaku PJ.Program promosi kesehatan (Pomkes), dan sekaligus dengan serahterima Satu (1) Unit Alat Kesehatan (Antropometri) ke ketua TP- PKK Desa nggele, Karlina, S.Pd, Gr.

 

Penyampaian materi disampaikan oleh Kepala Puskesmas, Mariasa La Mari, S.Kep, Materi yang disampaikan meliputi konsep dasar Penyakit Penular.


Edukasi mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit menular serta pemeriksaan yang wajib dilaksanakan di setiap posbindu.


Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini  yakni untuk mengupgrade pengetahuan kader posyandu di desa Nggele


"Diharapkan kader posyandu bisa melaksanakan tugas kader secara maksimal." Ungkapnya. Selasa ( 6/2/2024).


Ia mengatakan, saat ini Indonesia masih menghadapi tingginya angka kematian ibu dan anak, yang diakibatkan oleh permasalahan gizi, penyakit infeksi, serta masalah kehamilan yang seharusnya dapat dicegah melalui deteksi dini yang dilakukan di posyandu.


Posyandu merupakan wadah peran serta masyarakat untuk menyampaikan dan memperoleh pelayanan kesehatan dasarnya. 


"Diharapkan posyandu dapat melaksanakan fungsi dasarnya sebagai unit pemantau tumbuh kembang anak serta menyampaikan pesan kepada ibu atau ibu hamil sebagai agen pembaharuan dan anggota keluarga yang memiliki bayi dan balita. Namun pada kenyataannya masih belum optimal." Ujar Mariasa La Mari, S.Kep, dalam rapatnya.


Menurutnya, Kurang optimalnya fungsi posyandu menyebabkan kinerja menjadi rendah, antara lain disebabkan karena rendahnya kemampuan kader dan pembinaan kader yang masih belum optimal, yang kemudian mengakibatkan rendahnya minat masyarakat untuk menggunakan posyandu. 


Tujuan kegiatan ini adalah pemberdayaan kader dalam memantau tumbuh kembang anak, serta membangun kemitraan masyarakat untuk meningkatkan dukungan dan memanfatkan posyandu secara optimal melalui Revitalisasi Posyandu di Desa Nggele pada Kecamatan Taliabu barat laut ( TBL).


"Perlu dilakukan pembinaan dan pemantauan kegiatan posyandu secara berkelanjutan oleh Puskesmas di Kecamatan Taliabu barat laut di Kabupaten Pulau Taliabu untuk mempertahankan dan meningkatkan optimalisasi kader dalam pelaksanaan posyandu di masyarakat." Jelasnya. (Jek)