Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 23 Februari 2024, 8:11:00 AM WIB
Last Updated 2024-02-23T01:11:15Z
NEWSSosok

Panglima TNI Mutasi Brigjen TNI Djon Afriandi Menjadi Danjen Kopassus

Advertisement

Brigjen TNI Djon Afriandi

Jakarta|MATALENSANEWS.com-Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah menetapkan mutasi penting di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Brigjen TNI Djon Afriandi, yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), kini dipromosikan sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), . Jumat(23/2/24). 


Mutasi ini mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Mayjen TNI Deddy Suryadi, yang sekarang menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Keputusan ini disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.


Menurut Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar, mutasi tersebut melibatkan 38 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU. Hal ini menandai perubahan signifikan dalam struktur kepemimpinan militer Indonesia.


Brigjen TNI Djon Afriandi, lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1995 dengan predikat Adhi Makayasa, memiliki pengalaman yang luas dalam bidang Infanteri dari kecabangan Kopassus. 


Pria kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 14 Juni 1972, telah menjalani berbagai tugas dan tanggung jawab dalam karier militernya. Sebelum dipromosikan menjadi Danjen Kopassus, Djon Afriandi telah menduduki berbagai jabatan penting di Kopassus, Paspampres, dan berbagai unit teritorial lainnya.


Dengan pengalaman dan prestasinya yang mengesankan, Djon Afriandi kini siap memimpin Kopassus sebagai orang nomor satu. Jabatan barunya ini juga akan diikuti dengan kenaikan pangkat menjadi Mayjen TNI, menandai pencapaian baru dalam karier militernya.


Mutasi ini menegaskan komitmen TNI dalam mengoptimalkan kepemimpinan dan menghadirkan para pemimpin yang berkualitas untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara.


*Riwayat Karier Militer Brigjen TNI Djon Afriandi*


Brigjen TNI Djon Afriandi memulai karier militernya setelah lulus dari Akademi Militer pada tahun 1995. Dia telah mengemban berbagai tugas di berbagai unit dan cabang Kopassus, serta menjabat dalam berbagai posisi penting di tingkat nasional dan teritorial sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Danjen Kopassus.


Pencapaian dan dedikasinya selama bertahun-tahun telah membuatnya diakui sebagai salah satu pemimpin militer yang mumpuni di Indonesia.


Dengan demikian, langkah ini tidak hanya menjadi pencapaian pribadi bagi Brigjen TNI Djon Afriandi, tetapi juga menjadi momentum penting dalam perkembangan TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.(Rendy/Farid)