Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 10 Februari 2024, 2:09:00 AM WIB
Last Updated 2024-02-09T19:09:46Z
LENSA KRIMINALNEWS

Polresta Magelang Berhasil Menangkap Komplotan Pencuri Besi Penutup Lubang Jalan di Kawasan Borobudur

Advertisement


Laporan : Sofie Rahmawati

Magelang|MATALENSANEWS.com-Polresta Magelang mengumumkan keberhasilannya dalam menangkap komplotan pencuri besi penutup lubang jalan di atas gorong-gorong, atau manhole cover, di Jalan Medang Kamulan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kejadian ini menimpa Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Jumat (9/2/24). 


Kelompok pencuri terdiri dari lima pelaku dan seorang penadah. Kelima pelaku yang berhasil ditangkap adalah AS (40), SN (29), EW (34), dan TH (23), sementara satu pelaku, BN (36), masih buron. Penadahnya adalah NG (45). Mereka terlibat dalam serangkaian pencurian yang terjadi mulai bulan Desember 2023 hingga Kamis (25/1).


Kapolresta Magelang, Kombes Mustofa, menjelaskan bahwa pihaknya berhasil mengamankan lima tersangka, meskipun satu pelaku masih dalam daftar pencarian. Selama serangkaian pencurian tersebut, sebanyak 6 unit manhole cover, 107 penutup pohon, dan 9 unit saringan air hilang, menyebabkan kerugian sekitar Rp 58 juta bagi Kementerian PUPR.


Pelaku melakukan aksi pencurian pada malam hari, memanfaatkan situasi sepi. Setelah mencuri manhole cover, mereka menghancurkannya dengan godam hingga remuk sebelum menjualnya dengan harga Rp 5.200 per kilogram.


Pasal yang dikenakan terhadap pelaku adalah pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. Salah satu tersangka, AS, mengakui bahwa ide pencurian berasal dari pelaku BN dan bahwa mereka terdesak secara ekonomi.


Dengan berhasilnya penangkapan ini, diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan serupa dan menjaga keamanan serta keselamatan di Kawasan Borobudur.(**)