Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Rabu, 21 Februari 2024, 3:25:00 PM WIB
Last Updated 2024-02-21T08:25:22Z
LENSA POLITIKNEWS

PSU di TPS 23 Kumpulrejo Salatiga Tidak Berdampak pada Perolehan Partai, Namun Pertarungan Internal PDIP Memanas

Advertisement

Gambar : ilustrasi

Laporan : Goent

Salatiga|MATALENSANEWS.com- Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 23 Kumpulrejo kemungkinan tidak akan merubah perolehan partai maupun perolehan kursi di DPRD Salatiga. Meski begitu, pertarungan antar caleg di internal PDIP menjadi sorotan utama, Rabu (21/2/24). 


Dalam prediksi perolehan kursi di Dapil IV Argomulyo, PDIP diproyeksikan mendapat 2 kursi. Peluang untuk peraih suara terbanyak, yakni Untung, sangat terbuka. Sementara, posisi kedua diduduki oleh Yani Raharja dan Hartoko, keduanya adalah caleg dari PDIP.


Antara Yani dan Hartoko terjadi persaingan ketat, dengan hasil hitungan sementara menunjukkan selisih lima suara. Kumpulrejo, sebagai basis suara Hartoko, menjadi fokus utama. "Kita hanya selisih lima suara," ujar Yani Raharja.


Komisioner KPU divisi perencanaan pembangunan dan informasi, Jalal Pambudi, mengkonfirmasi persiapan KPU Kota Salatiga untuk PSU di TPS 23 Kumpulrejo. "Jika sudah ada surat dari Bawaslu, maka kita mempersiapkan diri melakukan PSU," jelas Jalal. PSU dijadwalkan akan dilakukan pada Kamis (22/2/2024) mendatang.


Ketua Bawaslu Dayusman Yunus menjelaskan bahwa PSU di TPS 23 Kumpulrejo dilakukan karena adanya pencoblos yang masuk data tambahan (DPT) dan mendapatkan surat suara yang bukan haknya. 


Dari informasi yang diperolehnya, terdapat 10 pemilih tambahan di TPS tersebut, dengan 3 di antaranya warga setempat yang belum masuk DPT dan tujuh dari luar kota, namun semua mendapatkan surat suara yang sama saat mencoblos, padahal seharusnya hanya 2 surat suara, yakni pilpres dan DPD.(**)