Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 01 Februari 2024, 7:12:00 PM WIB
Last Updated 2024-02-01T12:12:34Z
BERITA UMUMNEWS

WBP Rutan Salatiga Jalani Deteksi Dini HIV dan Pemeriksaan Kesehatan

Advertisement


Laporan : Tri

Salatiga|MATALENSANEWS.com- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga melaksanakan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Voluntary Counseling and Testing (VCT) selama dua hari untuk deteksi dini HIV dan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis  (1/2/24).


Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Puskesmas Sidorejo Lor, dan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Salatiga.


Kepala Rutan Salatiga, Redy Agian, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai langkah awal deteksi dini kesehatan WBP. Selain pemeriksaan VCT dan PTM, Rutan Salatiga juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, edukasi, dan sosialisasi hidup sehat secara rutin.


Tim kesehatan Rutan, diwakili oleh dr Muhammad Ihsan, menekankan pentingnya deteksi dini HIV untuk pencegahan awal dan mengidentifikasi faktor risiko penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, asam urat, dan kolesterol. 


Harapannya, kegiatan VCT dan PTM akan dilakukan secara rutin sebagai langkah positif untuk menjaga kesehatan WBP.


Berita ini mencerminkan komitmen Rutan Salatiga dalam memberikan pelayanan kesehatan yang tepat dan mendeteksi dini keluhan penyakit, sehingga kesehatan para WBP dapat terpantau dengan baik.(**)