Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 08 Maret 2024, 1:37:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-08T06:37:53Z
BERITA UMUMNEWS

Modus Korupsi Bank Jateng: Dana Untuk Tutup Angsuran Pegawai PN

Advertisement


Laporan : Djoko S

SEMARANG|MATALENSANEWS.com-Mantan Kepala Unit Pemasaran Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Jateng, Anggoro Bagus Pamuji, menjalani sidang perdana dalam kasus dugaan korupsi di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Kamis (7/3/24). 


Kasus tersebut diduga merugikan negara sebesar Rp7,7 miliar dengan modus yang beragam.


Bagus didakwa melakukan korupsi untuk keuntungan pribadi dan orang lain, termasuk menggelapkan dana klaim asuransi pinjaman dari debitur yang meninggal untuk melunasi pinjaman nasabah lain. 


Para debitur yang dibantu melunasi pinjamannya adalah pegawai Pengadilan Negeri (PN) Semarang dengan total angsuran lebih dari Rp740 juta.


Selain itu, Bagus juga membuka pinjaman atas nama debitur yang sudah meninggal, kemudian hasilnya dipindahbukukan untuk melunasi pinjaman debitur lain demi menjaga performa kinerja Bank Jateng. 


Uang pelunasan dari debitur aktif juga digelapkan untuk keperluan pribadi Bagus dan menutupi angsuran kredit pegawai PN Semarang.


Penasihat hukum Bagus memilih untuk tidak mengajukan bantahan, dan sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi pada pekan depan.(*)