Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 08 Maret 2024, 4:02:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-08T09:02:54Z
BERITA TNINEWS

Operasi Gaktib dan Yustisi POM TNI 2024, Kodam IV/Diponegoro Fokus Penegakan Disiplin Prajurit

Advertisement


Laporan : Djoko S

Semarang|MATALENSANEWS.com– Pangdam IV/Diponegoro diwakili oleh Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bambang Sujarwo memimpin Upacara Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2024 di Lapangan Mapomdam IV/Diponegoro Jl. Yos Sudarso Tawangsari Kec Semarang Barat. Jum’at (8/3/2024).


Melalui amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Kapoksahli disampaikan bahwa Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun 2024 ini merupakan program kerja Polisi Militer TNI yang bertujuan untuk menegakkan hukum dan disiplin seluruh prajurit dan PNS TNI. Diharapkan pelaksanaan kedua operasi ini dapat dikembangkan kearah peningkatan profesionalitas petugas dan subyek hukum, melalui upaya edukasi yang intensif.


“Esensi dari pelaksanaan operasi ini adalah sebagai lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI,” ungkapnya.


Diharapkan melalui operasi tersebut, seluruh prajurit dan PNS TNI dapat meningkatkan kedisiplinannya dan lebih sadar hukum. Sehingga, hal ini akan berimplikasi pada menurunnya angka pelanggaran dan perkara pada Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi. Hal ini selaras dengan tema yang diambil yakni “Melalui Operasi Gaktip dan Yustisi TA 2024 Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan Hukum, Disiplin dan Tata tertib Prajurit TNI Guna Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju”.


Prioritas penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun ini antara lain meningkatkan kesadaran hukum, disiplin dan tata tertib, serta kepatuhan hukum segenap Prajurit TNI, baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari. Selain itu juga untuk mencegah arogansi prajurit TNI yang dapat merendahkan martabat dan citra TNI di masyarakat serta tercapainya Prajurit TNI yang Tangguh, guna mendukung pertahanan dan keamanan dalam mewujudkan Indonesia Maju.


“Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Polisi Militer TNI ini akan digelar sepanjang tahun 2024, dan dilaksanakan baik dalam bentuk Operasi mandiri maupun Operasi gabungan, sesuai dengan wilayah hukum masing-masing,” tegasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Drs. Rudy Mulyantoko, PJU Kodam IV/Diponegoro, PJU Polda Jateng, Danlanumad A.Yani Kolonel Cpn Ihwan Okti Riyadi.S.I.P, dan Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. 


Sumber : Pendam IV/Diponegoro