Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Rabu, 06 Maret 2024, 2:10:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-06T07:10:43Z
BERITA POLISINEWS

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024: Ramp Cek Dishub dan Polres Salatiga di Terminal Type A Salatiga

Advertisement


Laporan : Goent

Salatiga|MATALENSANEWS.com-- Dalam upaya untuk meningkatkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), terutama angkutan umum, Polres Salatiga bekerja sama dengan Dishub Kota Salatiga menyelenggarakan Ramp Cek di Terminal Type A Salatiga, Selasa (6/3) 24).


Kegiatan Ramp Cek ini merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, yang bertujuan untuk mencapai keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta mengurangi insiden dan fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas.


"Kami berharap dengan pelaksanaan ramp cek ini dapat mendukung terwujudnya kamseltibcarlantas," ungkap Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi., M.Si, Psi, yang memimpin langsung pelaksanaan ramp cek.


Ramp check dilengkapi dengan pembinaan perizinan angkutan umum dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas, khususnya bagi pengemudi dan masyarakat pengguna angkutan umum.


Personil dari Dinas Perhubungan Kota Salatiga bersama Anggota Polres Salatiga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan umum yang masuk ke Terminal Salatiga, termasuk Bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) dan Bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi).


"Sasaran pemeriksaan meliputi bukti lulus uji, kartu pengawasan izin operasional, SIM dan STNK, sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan, pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, serta perlengkapan tanggap darurat," jelas Kadishub Kota Salatiga, Sri Satuti.


Kapolres Salatiga menekankan kepada pengemudi angkutan umum untuk menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan dan memastikan mereka dalam kondisi fit serta tidak terpengaruh oleh minuman keras/narkoba. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kamseltibcarlantas di jalan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang.(**)