Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 05 April 2024, 1:30:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-05T06:30:21Z
NEWSRegional

Bupati Boyolali Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024

Advertisement



Boyolali|MATALENSANEWS.com– Kapolres Boyolali Bersama Dandim 0724 Boyolali mendampingi Bupati Boyolali, H. Muhammad Said, pimpin upacara dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 yang digelar di Halaman Satreskrim Polres Boyolali pada Kamis (04/04/2024), Pagi.


Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, antara lain Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Dandim 0724 Boyolali Letkol Inf. Wiweko Wulang Widodo, dan Pejabat Forkopimda Boyolali lainnya, Turut hadir Wakapolres Kompol Dani Permana Putra, para Kabag, Kasat, dan jajaran perwira, serta peserta upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Nakes, PMI, pelajar, Pramuka, dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Bupati Boyolali selaku inspektur upacara, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan beberapa poin penting terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024. Salah satunya adalah bahwa apel gelar pasukan ini merupakan tahap pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi tersebut.


Menurut survei Kementerian Perhubungan RI tahun 2024, terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang, meningkat 56,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya keselamatan dalam mudik tahun ini, yang diprediksi meningkat drastis. Untuk mengantisipasi hal ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024”.


Operasi ini melibatkan 155.165 personel selama 13 hari, dari tanggal 4 sampai 16 April 2024, dengan KRYD dilakukan sebelum dan sesudah operasi. Upaya ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam perjalanan mudik dan perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H.


Bupati Boyolali juga menekankan pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait, seperti Satgas pusat, Satgas daerah, dan kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat.


Apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita Ops Ketupat Candi 2024 oleh Bupati Boyolali didampingi oleh Kapolres kepada perwakilan personel. Diharapkan, pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Boyolali.(GT)