Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 08 April 2024, 10:22:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-08T15:22:34Z
BERITA UMUMNEWS

Diduga Sunat BLT DD, Pj Kades Maluli Juga Menahan Gaji Aparat Desa

Advertisement



TALIABU | MatalensaNews.com, –Selain Sunat bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Pejabat Kepala Desa Maluli, Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Seniwati Buamona juga menahan gaji/tunjangan 4 orang perangkat Desa tanpa alasan yang jelas.


Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu aparat Desa Maluli yang namanya tidak mau disebut dalam pemberitaan ini, kepada seorang awak media. Senin, (8/4/2024) via handphone.


"Gaji kami juga ditahan tanpa ada kesalahan apapun, kami ada 4 orang yang gajinya ditahan oleh Ibu Kades, katanya yang kami dengar bahwa, kami ini malawan, tapi kami tidak tahu melawan apa," katanya 


Padahal menurutnya, gaji terebut sangat dibutuhkan untuk keperluan dalam bulan puasa dan lebaran.


"Kami berharap bisa dapat gaji tersebut agar bisa membantu memenuhi kebutuhan kami di akhir puasa dan lebaran ini, tapi ternyata tidak di kasih ibu kades," ungkapnya.


Untuk itu dirinya berharap semoga sikap Pj Kades Maluli, Seniwati Buamona yang tidak punya rasa kemanusiaan ini dapat perhatian dari Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus.


"Kami sampaikan ini biar Pa Bupati juga tahu, dan semoga ada langkah tegas yang akan diambil oleh Pak Bupati. hanya itu harapan kami," harapnya.


Menanggapi hal tersebut. Ketua Badan permusyawaratan Desa (BPD) Desa Maluli Kecamatan Taliabu Selatan Kabupaten Pulau Taliabu, Mauludin kepada seorang awak media. 


Dirinya mengatakan bahwa terkait sikap Pj.Kepala Desa Maluli, Seniwati Buamona itu sangat tidak manusiawi, sebagai seorang pemimpinnya. mestinya dirinya harus mampu memberikan pelayanan yang baik, baik kepada perangkat Desanya maupun kepada Masyarakat.


Kalau memang mereka ada kesalahan ya, harus berikan pembinaan pada bawahan Kades. 


Bukan malah seenaknya menahan gaji bagitu saja, saya perahatin karena ini bulan puasa dan mau lebaran.


"Mungkin gaji ini bisa membantu memenuhi kebutuhan mereka, apa lagi kondisi seperti saat ini pasti sangat dibutuhkan gaji itu," kata Ketua BPD via handphonnya.


Menurut Mauludin, dirinya sudah sempat mempertanyakan gaji 4 orang perangkat Desa yang tidak dibayar terebut, namun PJ, Kades, Seniwati Buamona malah menegurnya.


Ibu Kades bilang kepada saya jangan campur urusan Desa, urus saja BPD jangan campur urusan Aparat Desa lagi.


"Ibu kades juga bilang kayanya 4 orang perangkat Desa itu terlalu malawan makanya saya tahan dorang pung gaji," Ucapnya, meniru ucapan PJ Kades.


Untuk itu dirinya meminta kepada Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus untuk segara melakukan evaluasi terhadap Pejabat Kades Desa Maluli, Seniwati Buamona 


"Sebab dari berbagai persoalan seperti, pemotongan BLT-DD untuk PKM, tahan gaji perangkat Desa tanpa alasan yang jelas." kesalnya.


Disisi lain ada Masalah soal pekerjaan fisik yang tidak beres. Ini saya pikir sudah harus mendapat perhatian serius dari Pak Bupati. 


"Saya minta kepada Pak Bupati untuk segera turunkan tim untuk audit pekerjaan yang di Desa Maluli ini. Karena banyak pekerjaan yang tidak selesai bahkan ada yang diduga fiktif juga," tegas Ketua BPD Maluli. (Jek)