Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 20 April 2024, 6:44:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-20T11:44:21Z
BERITA UMUMNEWS

Indikasi Korupsi, Kades Kabuno Taliabu Diduga Sengaja Tidak Memasang Papan Informasi APBDes 2024

Advertisement


TALIABU | MatalensaNews.com– Pemerintah Desa Kabuno, diwajibkan untuk memasang Papan informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024 guna memberikan transparansi penggunaan dana desa yang diterima. Namun, Desa Kabuno, Kecamatan Tabona, Kabupaten Pulau Taliabu diduga sengaja tidak memasang Papan informasi tersebut di depan Kantor Desa disana.


Awak media ini menerima informasi dari Wakil ketua BPD setempat melaporkan bahwa Papan informasi APBDes Tahun 2024 yang biasanya dipasang di depan Kantor Desa tidak terlihat. 


"Spanduk informasi APBDes tahun 2024 yang seharusnya terpasang juga tidak ada," Ucap Andika Nugroho. Sabtu (20/4/2024).


Kata dia, Pj.Kepala desa Kabuno selama menjalankan roda pemerintahan tidak pernah memberikan salinan APBDes kepada kami BPD.


Parahnya lagi, Spanduk APBDes pun tidak terpasang. "Sehingga kami tidak tahu apa-apa saja program yang masuk ke dalam desa," Ujar Andika Nugroho.


Andika mengatakan bahwa, Pj.kepala desa Kabuno juga tidak pernah melakukan musyawarah dengan masyarakat dan bersama BPD sebagai mitra kerja disana.


Katanya Musdes yang dilaksanakan di bulan Desember 2023 kemarin saja dilakukan pada malam hari dirumah Pj. kepala desa itu sendiri dan yang melibatkan hanya aparat desa dan beberapa orang BPD saja.


Tidak hanya itu, BPD juga pernah mengundang Pj.Kades Kabuno untuk melaksanakan Musyawarah umum pembentukan pengurus BUMDES namun Pj. kepala desa bilang sudah ada pengurus BUMDES.


Pj kepala desa juga mencoret beberapa kader KPM, mengganti nama penerima BLT-DD, dan Sekretaris desa tanpa ada alasan yang jelas. 


"Bahkan tidak ada rekomendasi tertulis dari Kepala wilayah Kecamatan (Camat) tiba-tiba SK baru sudah keluar." tanya Andika.


Untuk itu, Kami dari BPD desa Kabuno meminta agar Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus segera mencopot Pj.kepala desa Kabuno, karena tidak mampu bekerja sama dengan BPD dan tidak mampu melakukan pembinaan dengan baik.


Anggota BPD juga meminta Bupati Pulau Taliabu segera mengevaluasi ketua BPD desa Kabuno karena diduga sama-sama dengan Pj.Kades untuk mengelolah BUMDES.


Upaya awak media ini, untuk  mengkonfirmasi hal tersebut kepada Pj. Kepala Desa Kabuno tidak membuahkan hasil. Maka dari itu berita harus ditayangkan. (Jeck).