Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 05 April 2024, 12:30:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-05T05:30:24Z
NEWSRegional

Pj Walikota Salatiga Bersama Kapolres dan Dandenpom, Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi 2024

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com-  Pj  Walikota Salatiga Yasip Khasani bersama Kapolres Salatiga AKBP Aryuni  Novitasari  M.Psi, M.Si, Psi dan Dandenpom IV/3 Salatiga Letkol Cpm Widodo S.Pd memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Kamis (04/04/2024).


Peserta Apel Gelar Pasukan terdiri dari ratusan personil baik dari Denpom, TNI, Polri  Satpol PP, PMI, Dishub, Basarnas, Orari dan Supeltas. Selaku Inspektur Upacara, Pj. Walikota Salatiga dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini membacakan amanat  dari Kapolda Jateng.


Apel gelar pasukan merupakan puncak dari kesiapan dalam mengamankan arus mudik masyarakat khususnya di Kota Salatiga.  Pengamanan tersebut digelar dalam bentuk kegiatan operasi kepolisian bersandi Ketupat Candi 2024 yang berlangsung  selama 13 hari mulai Hari Kamis tanggal 4 hingga 16 April 2024.


“Terhitung hari ini anggota Polres Salatiga bersama  personil TNI dan instansi lainnya sudah insert di 1 (Satu) Pos Terpadu Bundaran Tamansari, 1 (Satu) Pos Sinergitas di depan Mapolres Salatiga dan 1 (Satu) Pospam di Terminal Tingkir serta 10 (sepuluh) Strong Point mulai dari Pertigaan Blotongan, Simpang Dukuh / Aulia, Taman Kota Bendosari, Simpang Kauman, Pasar Blauran, Pasar Rejosari, Gereja Bethani, Pertigaan ABC, Pertigaan Pasar Cengek dan Exit Tol Salatiga.


Kegiatan tersebut guna menjamin keamanan pemudik yang melintas di Kota Salatiga,  secara estafet sejak masuk di Kota Salatiga baik di Pertigaan Blotongan maupun Exit Tol Tingkir Salatiga, pemudik akan mendapatkan arahan dari personil yang di lapangan sehingga perjalanan diharapkan dapat berjalan aman, lancar dan selamat hingga tujuan. 


Sistem pengawalan akan diberlakukan apabila ada rombongan pemudik yang melintas di Kota Salatiga, yang berpotensi menyebabkan ketersendatan arus lalu lintas, hal ini guna mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas.


Yang perlu menjadi perhatian utama karena akan diberlakukan rekayasa maupun One Way Nasional mulai dari GT Cikatama – GT Kalikangkung terhitung mulai tanggal 5 s/d 8 April 2024. Namun bila terjadi kepadatan arus yang melintas di GT Kalikangkung,  akan dilakukan rekayasa lalulintas dengan memberlakukan One Way Lokal mulai GT Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir.


“Jalin koordinasi pada saat  pelaksanaan One Way Lokal yang dibawah Kendali Dirlantas, Penerapan One Way Lokal menggunakan skala prioritas dengan melihat kondisi arus di GT Kalikangkung. Jika terjadi kepadatan akan diberlakukan One Way Lokal dari Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir, untuk itu perlu kesiap-siagaan personil” terang Yasip Khasani


Selain itu jalur fungsional baik Jalur Kota maupun Jalun Lingkar Selatan (JLS) Salatiga juga telah disiapkan untuk dilalui pemudik dengan menempatkan Pos Strong Point, untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas bagi pemudik.


“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang berwisata juga akan ditempatkan personil pengamanan, prinsipnya TNI Polri dan instansi terkait siap menjamin keamanan masyarakat yang melaksanakan mudik dan memanfaatkan waktu  liburan di tempat wisata.” Kapolres Salatiga menambahkan. 


Selesai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dilanjutkan dengan pemusnahan ribuan botol narang bukti miras hasil Operasi Pekat dan KRYD Pra Operasi Ketupat Candi 2024 Polres Salatiga di Jalan Keluar Mapolres Salatiga.(GT)