Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 05 April 2024, 12:33:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-05T05:33:11Z
BERITA UMUMNEWS

Siap Mudik Lebaran! Tol Fungsional Jogja-Solo Ditinjau Pangdam dan Pj Gubernur Jateng

Advertisement


Klaten|MATALENSANEWS.com– Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.IP., M.Si. bersama Pj. Gubernur Jateng Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M. beserta rombongan Forkopimda Provinsi Jateng berkunjung ke Kabupaten Klaten untuk mengecek kondisi persiapan Tol Jogja-Solo yang akan dibuka secara fungsional selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024, pada Kamis (4/4/2024) sore.


Jalur tol ini akan dioperasikan secara fungsional dengan satu jalur (one way), dimulai dari Jumat (5/4/2024) hingga Senin (15/4/2024). Hasil pengecekan menunjukkan bahwa jalur Tol Jogja-Solo sudah siap untuk dilalui oleh para pemudik selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.


Dalam operasional tol fungsional, dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB hanya satu jalur yang dibuka yaitu sampai Klaten di exit tol Ngawen. Sehingga selama arus mudik, tol fungsional akan beroperasi dari Solo melalui GT Colomadu menuju exit Karanganom. Namun, keputusan ini bersifat situasional, bergantung pada perkembangan aktivitas pemudik.


Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P. pada Jum’at (5/4/2024) mengungkapkan bahwa selain mengevaluasi kesiapan tol fungsional, Pangdam IV/Diponegoro dan Pj Gubernur Jateng juga meninjau pos pengamanan dan pelayanan (Pos Pam) yang didirikan di sepanjang tol. Mereka juga berdialog dengan para petugas yang berjaga di Pos Pam untuk memastikan kesiapsiagaan mereka dalam mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2024.


"Dalam kunjungan tersebut selain untuk memastikan bahwa tol fungsional ini siap digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 juga untuk memastikan bahwa semua fasilitas dan infrastruktur yang ada di sepanjang tol ini berfungsi dengan baik," ungkapnya.


Diharapkan dengan adanya tol fungsional ini, arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Jawa Tengah akan semakin lancar dan aman.


“Kepada para pemudik untuk selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di tol fungsional ini. Karena tol ini masih dalam tahap konstruksi, jadi mohon berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada," imbuhnya.


Rombongan dalam kunjungan tersebut juga didampingi oleh Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., Forkopimda Kabupaten Klaten, Jasa Marga, dan pejabat Kepolisian setempat. Hal ini sebagai langkah koordinasi lintas sektoral dalam memastikan kesiapan dan kelancaran pembukaan tol fungsional demi kenyamanan para pemudik. (Djoko S)