Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 16 April 2024, 11:55:00 AM WIB
Last Updated 2024-04-16T04:55:56Z
BERITA PERISTIWANEWS

Puting Beliung Luluh Lantakkan Pasar Sigereng, Desa Candi: Lapak Ambruk, Rumah Rusak, Tidak Ada Korban Jiwa

Advertisement


BOYOLALI|MATALENSANEWS.com-Pada Minggu (14/4/2024) sore, puting beliung menerjang Pasar Sigereng, Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Akibatnya, lapak-lapak di pasar tersebut luluh lantak. 


Kepala Desa Candi, Warsito, menjelaskan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, dengan lima dari delapan lapak hancur. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Selain Pasar Sigereng, wilayah terdampak puting beliung juga meliputi Dukuh Ngabean dan Karanggondang. 


Kerusakan meliputi pohon tumbang, atap bangunan terangkat, dan beberapa rumah rusak ringan hingga sedang. Meskipun kerugian materiel belum dihitung, warga bergotong royong untuk membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.


Pasar Sigereng sendiri direncanakan untuk direhabilitasi pada tahun 2025. Berlokasi di tanah kas desa, pasar tersebut memiliki sejarah panjang dalam perekonomian lokal, terutama dalam bidang kuliner. Meskipun sempat mati pada 1980-an karena penemuan mayat misterius, pasar ini akhirnya bangkit kembali dan menjadi pusat ekonomi masyarakat setempat.


Warga Desa Candi juga menggambarkan momen mengerikan saat puting beliung melanda, dengan belasan rumah mengalami kerusakan. Bergotong royong, mereka berusaha memulihkan kerusakan dan memperbaiki infrastruktur yang rusak, seperti tiang listrik yang ambruk.


Meskipun kerugian materiel cukup besar, semangat gotong royong dan ketahanan masyarakat setempat menjadi inspirasi dalam menghadapi musibah alam ini.(GT)