Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Minggu, 07 April 2024, 7:05:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-07T12:05:03Z
BERITA PERISTIWANEWS

Tanah Ambles di Perumahan Permata Puri dan Bukit Regency, Semarang: Pengembang Diminta Bertanggung Jawab

Advertisement


Semarang|MATALENSANEWS.com-Pada Jumat (5/4) sekitar pukul 18.55 WIB, tiga rumah di Perumahan Permata Puri Ngaliyan, Kota Semarang, dan perumahan lainnya di Bukit Regency, Kawasan Gombel, mengalami keruntuhan akibat tanah ambles. 


Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Yudi Wibowo, menegaskan bahwa tanggung jawab perbaikan dan penanganan kejadian tersebut sepenuhnya pada pihak pengembang.


Yudi Wibowo menyatakan bahwa Pemerintah Kota Semarang tidak dapat bertindak lebih lanjut karena pengembang belum menyerahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) yang terdiri dari fasilitas umum dan sosial seperti taman, jalan, saluran, dan penerangan jalan umum. 


Dia menegaskan bahwa pengembang harus menyerahkan PSU kepada Pemkot Semarang agar pengelolaannya dapat diawasi dan diperbaiki jika terjadi kerusakan.


Meskipun demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para pengembang untuk segera menyerahkan PSU guna mengantisipasi peristiwa serupa di masa mendatang. 


Adapun dalam penyelesaian permasalahan ini, pihak pengembang berencana melakukan perbaikan serta memberikan fasilitas tempat tinggal sementara bagi warga yang terdampak. 


Selain itu, mereka juga akan menangani pembangunan jalan yang amblas demi keselamatan dan kenyamanan warga.(Djoko S)