Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 24 Juni 2024, 6:28:00 PM WIB
Last Updated 2024-06-24T11:28:52Z
BERITA UMUMNEWS

Jokowi Ungkap Kementerian Matikan Sistem OSS, Pejabat Ditangkap KPK

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

Jakarta|MATALENSANEWS.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan fakta mengejutkan mengenai adanya kementerian yang mematikan sistem pelayanan online single submission (OSS). Jokowi menyebut, dari kejadian tersebut, terdapat pejabat kementerian yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Jokowi tidak menyebut secara spesifik kementerian yang dimaksud, namun menekankan bahwa kementerian tersebut memiliki layanan OSS yang tiba-tiba dimatikan sistemnya. Akibatnya, pelayanan izin kembali dilakukan secara manual, yang kemudian menjadi celah terjadinya tindak korupsi.


"Yang terjadi dulu pernah di sebuah kementerian dibuatkan OSS tapi karena nggak pernah dicek dan dikontrol, sistemnya dimatikan. Artinya manual lagi, ketemu-ketemu lagi, akhirnya ditangkap KPK," ujar Jokowi dalam peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event yang disiarkan secara virtual, Senin (24/6/2024).


Jokowi menjelaskan bahwa saat dirinya melakukan pengecekan OSS di kementerian tersebut dan menemukan kesalahan pada sistem OSS-nya, KPK langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, seorang pejabat kementerian tersebut ditangkap oleh KPK.


"Ya saat itu langsung ditangkap KPK, karena saya datang ke sana," ungkap Jokowi.


Kejadian ini menjadi sorotan penting mengenai pentingnya digitalisasi dan pengawasan dalam sistem pelayanan publik untuk mencegah korupsi.(Goent)