Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Kamis, 06 Juni 2024, 6:32:00 PM WIB
Last Updated 2024-06-06T11:32:33Z
BERITA TNINEWS

Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Latihan Kesiapsiagaan Operasi di Sukoharjo

Advertisement


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com- Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., memimpin pelaksanaan Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) di Alun-alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Dankodiklatad Letjen TNI Widi Prasetijono, Rabu (5/6/24). 


Latihan yang diselenggarakan oleh Kodiklatad di wilayah Kodim 0726/Sukoharjo bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah dalam menangani konflik sosial, khususnya pasca Pemilu dan Pilkada, serta situasi tidak kondusif lainnya. Menurut Dankodiklatad, LKO ini merupakan aplikasi lapangan dari gladi yang sebelumnya digelar di Makodam selama tiga hari.


Dankodiklatad menyatakan, "Kebetulan salah satu sampel kita adalah Kodim Sukoharjo, di mana kita melihat sinergi antara Pemda, masyarakat, serta TNI-Polri dalam penanggulangan permasalahan di lapangan memang luar biasa."


Pangdam menyebutkan, latihan ini melibatkan sekitar seribu pasukan di Solo Raya. Latihan tersebut melatih kesiapsiagaan serta prosedur penanganan permasalahan dari aksi massa damai hingga anarkis. "Kita harus selalu siap dalam situasi dan kondisi apa pun yang akan terjadi," ujar Pangdam.


Latihan LKO juga akan dilaksanakan di berbagai daerah lain di Indonesia. Pangdam menambahkan, "Semua wilayah harus bisa mengatasi situasi kondisi untuk menciptakan rasa aman dan damai."



Pj Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani, S.E., M.M., mengapresiasi sinergi TNI-Polri dan Pemda Sukoharjo. "Kesiapsiagaan TNI-Polri dalam menghadapi demo sudah bagus dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berguna, bisa membuat kami lebih kuat lagi," ujarnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 074/WRT Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E., Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol. Basya Radyananda, S.I.K., M.H., Forkopimda Kabupaten Sukoharjo, dan para pejabat instansi terkait.(GT)