Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Minggu, 07 Juli 2024, 9:39:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-07T14:52:54Z
BERITA POLISINEWS

Wakapolri: Ormas Harus Jadi Solusi, Bukan Menakuti Masyarakat

Advertisement


Semarang,MATALENSANEWS.COM– Wakapolri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. menegaskan bahwa organisasi masyarakat (ormas) tidak boleh digunakan untuk menakuti masyarakat atau melakukan aksi kejahatan. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri kegiatan Deklarasi Squad Nusantara di PRPP Semarang, Minggu (7/7/2024).


"Jadilah organisasi yang menjadi solusi atas permasalahan masyarakat," ujar Komjen Pol Agus. Ia menambahkan bahwa nama Squad Nusantara berarti penjaga nusantara, sehingga harus bisa bekerja sama dengan kepolisian di daerah masing-masing.


Komjen Pol Agus juga mendorong agar ormas mendukung dunia usaha. "Dicari kader yang mempunyai kemampuan usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian untuk diberikan modal sehingga organisasi masyarakat bisa lebih berkembang," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Harian Ormas Linggarjati menjelaskan bahwa Squad Nusantara saat ini telah membentuk 72 dewan pimpinan cabang dan 4 dewan pimpinan wilayah dengan total 9.228 anggota. "Hari ini kita telah melakukan bakti sosial dengan menyalurkan sebanyak 5.000 paket sembako," ujarnya.


Berbagai pejabat kepolisian turut hadir dalam kegiatan Deklarasi Squad Nusantara di PRPP Semarang, termasuk Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. dari Irwasum Polri, dan Komjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. dari Irjen Kementan RI. Hadir pula Irjen Pol (P) Drs. Heru Dwi Pratondo, Brigjen Pol. Drs. Mashudi dari Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri, serta beberapa perwira dan staf Polda Jateng seperti Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum., dan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum. Selain itu, Kolonel Cpn Ihwan Okti Riyadi selaku Danlanumad A. Yani Semarang juga turut hadir.(Farid/Rendy)