Nahdlatul Ulama Kota Salatiga, Adakan LAILATUL IJTIMA' Menjadi Media Warga NU Untuk Majlis Dzikir, -->

Nahdlatul Ulama Kota Salatiga, Adakan LAILATUL IJTIMA' Menjadi Media Warga NU Untuk Majlis Dzikir,

Saturday, December 21, 2019, December 21, 2019
Salatiga,MATALENSANEWS.com-Dalam rangka realisasi program kerja Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Salatiga, maka akan dilaksanakan kegiatan
LAILATUL IJTIMA' menjadi media warga NU untuk Majlis Dzikir, Majlis Ilmu dan Majlis Silaturahmi yang dilaksanakan diMasjid An-Nur,Komplek Situs Ponpes Joko Tingkir (KH. Zubair Umar Al Jailaniy salah samtri kinasih KH. Hasyim Asy’ari )
Dk. Cinderejo Rt.2 Rw.7 Tingkir Lor, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jumat (20/12/2019).

Untuk peserta dalam acara tersebut, Pengurus Cabang NU, Pengurus MWC NU  Pengurus Badan Otonom PCNU,Kader Penggerak NU, Kyai, Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren di Wilayah Kota Salatiga serta Santri Pondok Pesantren se- Salatiga, Kelompok Pengajian se-Salatiga dan Masyarakat Umum.

Lailatul Ijma' adalah salah satu kegiatan yang rutin di gelar oleh Pengurus Nahdlatul Ulama di seluruh Indonesia di semua Tingkatan sebagai media konsolidasi dan transformasi keilmuan karenanya Lailatul Ijma’ merupakan bentuk lain dari media Majlis ilmu, majlis Dzikir dan Majlis Silaturahmi.

Lailatul Ijma' kali ini di gelar di Masjid An Nur Ponpes Djoko Tingkir  yang merupakan situs peninggalan Hadratusyech KH. Zubair Umar Al Jaelaniy yang merupakan ulama ahli Falaq bertaraf Internasional dimana kitab mengenai Falaq/ astronomi hasil karyanya yaitu Kitab Al Khulashotul Wafiyah menjadi salah satu kitab referensi dalam bidang astronomi oleh para ulama’ baik di tanah air maupun di Timur Tengah untuk menentukan hisab/perhitungan awal dan akhir bulan Ramadhan dan bulan-bulan qomariyah lainnya.

Kitab karya Hadratusyech KH Zubair Umar Al Jailaniy ini merupakan salah satu kitab falak yang paling lengkap dan terperinci diantara kitab-kitab falak lainnya, sehingga tak heran jika kitab tersebut sampai sekarang tetap menjadi kerangka acu dalam bidang falaq/ astronomi diseluruh dunia.

Dahulu sewaktu masih hidup Hadratusyech KH Zubair Umar Al Jailaniy mendirikan dan mengasuh Pondok Pesantren Djoko Tingkir yang terletak di Dk. Cinderejo Rt.2 Rw.7 Tingkir Lor, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, namun setelah Hadratusyech KH Zubair Umar Al Jailaniy meninggal dunia maka pondok pesantren tersebut vakum hingga saat ini.

Hadratusyech KH Zubair Umar Al Jailaniy dahulu sewaktu masih hidup pernah menjabat sebagai Ketua Tandfidziyah PCNU Kabupaten Semarang - Salatiga tahun 1945, beliau juga pernah menjabat sebagai Rais Syuriyah PBNU di era kepemimpinan Rais Alm KH. Abdul Wahab Chasbullah periode 1967-1971.

Dengan diselenggarakannya Lailatul Ijma' di Situs Ponpes Djoko Tingkir adalah salah satu wasilah dari Pengurus PCNU Salatiga untuk meneruskan perjuangan dan sanad keilmuan Hadratusyech KH Zubair Umar Al Jailaniy.(Anden)

TerPopuler