Insan Penerangan TNI AD Berkunjung ke MNC TV -->

Insan Penerangan TNI AD Berkunjung ke MNC TV

Thursday, August 6, 2020, August 06, 2020
MNC TV yang berada di Jakarta
MATALENSANEWS.com-Jurnalistik memang identik dengan wartawan, merupakan sebuah profesi yang bertugas mencari dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Perkembangan jurnalistik di Indonesia tidak lepas dari kemajuan teknologi saat ini. Di era modern seperti sekarang ini informasi dapat dengan mudah diterima oleh khalayak umum, bukan hanya para pencari informasi saja melainkan para informan juga menjadi lebih mudah dalam memberikan informasi.

Berkat adanya perkembangan teknologi, media penyampaian informasi pun tersedia dengan berbagai kemasan yang lebih beragam. Mulai dari media cetak, media elektronik hingga media online. Perkembangan jurnalistik saat ini juga memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk dengan mudahnya menerima dan menyampaikan informasi.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) juga sangat membutuhkan tenaga jurnalistik untuk menghimpun informasi dari daerah dan dipublikasikan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi yang berkaitan dengan militer dari berbagai daerah di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer dan Umum (Pusdikpengmilum) yang merupakan Pusdik di jajaran Kodiklat Angkatan Darat membuka sebuah pendidikan di bidang jurnalistik. Pusdik yang berada di Kota Cimahi tersebut memberikan ilmu pengetahuan mengenai jurnalistik kepada para personel militer dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan tersebut bertujuan agar TNI AD mempunyai personel yang mumpuni dalam mencari, mengolah dan mempublikasikan suatu berita atau informasi.

Pada saat menjelang penutupan pendidikan, para peserta melaksanakan kunjungan ke Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) dan MNC TV yang berada di Jakarta. “Dengan dilaksanakannya kunjungan tersebut diharapkan para siswa  Dikba Jurnalistik dapat mengetahui secara langsung tentang tugas dan kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai seorang jurnalis”, ujar Kepala Departemen Teknis Khusus Pusdikpengmilum Letkol Inf Zulkarnain.

Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) 
Kunjungan pertama diawali di Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) selaku insan penerangan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Di Dispenad para peserta diberikan pengetahuan tentang kendaraan liput yang sering digunakan untuk melaksanakan kegiatan peliputan di berbagai daerah. Tidak hanya itu, mereka juga dilatih untuk mengoperasionalkan seluruh peralatan yang terdapat di kendaraan tersebut.

Kendaraan liput tersebut merupakan mobil berjenis Jeep dengan mesin berkapasitas 2,494 cc bertransmisi otomatis. Untuk body mobil telah dirubah sedemikian rupa sehingga dapat menampung personel dan peralatan yang dibutuhkan, diantaranya modem, wireless receiver, video mixer, server receiver decoder, video camera wireless, projector, portable screen, layar monitor, Uninterruptible Power Supply (UPS), Global Positioning System (GPS), genset dan satu set kamera video beserta komputer untuk mengoperasionalkan. Kendaraan beserta peralatan di dalamnya dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan peliputan di berbagai wilayah, termasuk di daerah pedalaman yang sulit dijangkau.

Setelah menerima berbagai pengetahuan mengenai kendaraan liput Dispenad, para peserta melanjutkan kunjungan ke kantor MNC TV. Disana, mereka belajar mengenai proses pengambilan gambar berupa video (Shooting), proses pengolahan (Editing) hingga publikasi ke seluruh wilayah di Indonesia

Para peserta diajak ke ruang studio untuk diberikan wawasan mengenai jenis-jenis studio diantaranya studio virtual dan studio non virtual. Disitu mereka juga belajar tentang peralatan Shooting untuk Broadcasting serta proses pengambilan video. Setelah itu, mereka diajak ke ruang kontrol untuk mempelajari cara mengolah hasil Shooting dan mempublikasikan ke media televisi. Di ruang kontrol, para personel MNC TV mempersiapkan tayangan apa yang akan ditampilkan di televisi. Disitu mereka berhubungan dengan kameramen yang berada di ruang studio dan reporter yang berada di lapangan untuk berkoordinasi mengenai kegiatan yang harus dilakukan terkait tayangan yang akan ditampilkan. Dalam waktu yang singkat mereka harus segera dapat mengambil keputusan mengenai tayangan yang akan disajikan. Personel di ruang kontrol tersebut juga bertugas untuk mengatur suara yang ditampilkan serta mengatur pencahayaan yang ada di ruang studio.

“Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai proses pengumpulan, pengolahan dan publikasi berita maupun informasi yang ada di MNC TV. Meskipun yang kami sampaikan hanya garis besarnya saja, semoga dapat menambah pengetahuan bapak-bapak TNI mengenai kegiatan jurnalistik yang dilakukan di kantor ini”, ucap Guritno selaku Koordinator Sekretaris MNC TV. (bp)

TerPopuler