Satgas Yonif 407/PK Ajarkan Warga Perbatasan Hemat Energi di tengah Pandemi Covid-19 -->

Satgas Yonif 407/PK Ajarkan Warga Perbatasan Hemat Energi di tengah Pandemi Covid-19

Monday, October 5, 2020, October 05, 2020



Sanggau,MATALENSANEWS.com-Satgas Pamtas RI-Malaysia Sektor Timur Kalimantan Barat Yonif 407/Padmakusuma sosialisasikan kompor hemat energi berbahan bakar pertalite kepada masyarakat daerah perbatasan yang bertempat di Balai pertemuan desa Sungai Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kalbar (04/10/2020).


Sulitnya Bahan Bakar di daerah perbatasan membuat inisiatif anggota Satgas Yonif 407/PK. Letda Kav Sutardi selaku Danpos Sei Mawang I beserta Anggotanya yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK mengajarkan kepada masyarakat perbatasan cara membuat kompor alternatif bertenaga bahan bakar Pertalite. Kompor tersebut sangat hemat yang setara antara 1 liter Pertalite dengan dua sampai tiga tabung gas berukuran 3 kilogram.


Pembuatan kompor tersebut sebagai alternatif bagi warga di perbatasan karena dengan modal minim maka dapat dijadikan sebagai kompor alternatif. Adapun bahan yang disediakan berupa kompor gas kecil kemudian selang, Water Pump, Toples serta lem dan gunting.


“Alatnya itu mudah didapat sehinga tinggal merangkai maka jadilah kompor alternatif yang super hemat,” Ujar Danpos.


Setelah barang itu ada kemudian dirangkai dengan selang berukuran 10 mm itu dimasukkan kedalam toples yang sebelumnya didalam toples sudah dimasukkan BBM Pertalite. Kemudian dihubungkan dengan Water Pump yang selajutnya disambungkan dengan listrik maka akan menimbulkan gas dari BBM Pertalite itu yang dihubungkan ke kompor gas.


“Jadi cara kerjanya itu 1 liter Pertalite setara dengan dua tabung berukuran tiga liter. Artinya satu liter BBM itu tidak habis tetapi yang digunakan gas dari BBM Pertalite yang dipompa dengan menggunakan Water Pump sehinga menghasilkan gas dan disalurkan ke kompor. Jadi BBM nya itu masih tetap satu liter,” tambahnya.


Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P dalam rilisnya mengatakan bahwa dengan kedatangan anggota satgas Yonif 407/PK didaerah perbatasan diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat, terutama di tengah Pandemi Covid-19 ini, warga yang kesulitan mendapatkan bahan bakar bisa menjadi solusi alternatif dan lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar untuk memasak sehari-hari.


Sementara itu Bapak Jeblin (51) selaku Kades Sungai Mawang mengucapkan terimakasih kepada anggota Satgas Yonif 407/Padmakusuma yang telah memberikan ilmu dengan mengajarkan warganya cara membuat kompor hemat bahan bakar.


"Terimakasih atas kepedulian bapak TNI yang sudah mengajarkan kepada kami cara membuat kompor hemat bahan bakar, ini merupakan solusi bagi kami ditengah pandemi untuk menghemat energi bahan bakar, semoga bisa bermanfaat untuk warga masyarakat yang ada disini," tuturnya.(Syehful)

TerPopuler