Berikan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Penyakit Menular, Forkopincam Manyaran Sambangi Desa-Desa -->

Berikan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Penyakit Menular, Forkopincam Manyaran Sambangi Desa-Desa

Tuesday, December 22, 2020, 3:12:00 PM


Wonogiri,MATALENSANEWS.com– Berikan edukasi tentang taat cara penanganan jenazah yang terinfeksi penyakit menular/Covid-19, Forkopincam kunjungi desa/kelurahan se-Kecamatan Manyaran.


Kesempatan kali ini, jajaran Forkopincam Manyaran menyambangi Kelurahan Punduhsari dan Kelurahan Kepuhsari untuk memberikan sosialisasi pemulasaran jenazah penyakit infeksius yang bertempat di masing-masing Balai Kelurahan, Selasa(22/12).


Danramil 11/Manyaran menyampaikan, kesempatan pertama, rombingan menuju ke Kelurahan Punduhsari kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Kepuhsari, ungkapnya.


Sosialisasi ini sangat penting karena ada hal-hal yang penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat saat melakukan pemulasaraam jenazah pasien Covid-19, sejumlah aturan dalam standar operasinal dan prosedur (SOP) yang harus dipatuhi untuk jenazah infeksius ataupun penyakit menular, tambahnya.


Rombongan Forkopincam tersebut terdiri dari Camat Manyaran Purwadi, Danramil Manyaran Kapten Inf Agus Priyanto, Kapolsek Manyaran di wakili oleh Ipda Joko Purnomo, Kepala UPTD Puskesmas Manyaran dr.g Evi Arliyantina, KUA Manyaran Elfi Syafitri, Kepala Kelurahan Punduhsari Sunarti, Kades Kepuhsari Sularjo, Babinsa Ramil 11 Manyaran Sertu Sambudi, Babinsa Desa Kepuhsari Sertu Yoyok Sri Ariyanto, Bidan Desa Kelurahan Punduhsari Lestari Puji Utami, Bidan Desa Kepuhsari Atik Haryanti dan Etik Agustina.


Dalam menyampaikan sosialisasi, Kepala Puskesmas menyampaikan, Dalam setiap jenazah yang terinfeksi atau terjangkit Covid-19 tidak bisa sembarangan dilakukan, akan tetapi harus melalui protokol prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dalam pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang sesuai standart WHO dan selalu berkoordinasi dengan Tim Gugus Covid -19 masing-masing daerah," ucapnya.


Pada kesempatan tersebut, para peserta pelatihan juga diperkenalkan dengan alat pelindung diri (APD) khusus sesuai standart WHO, serta penanganan dengan pada jenazah korban covid-19. Sebelum melakukan tindakan refling membungkus jenazah dengan plastik wajib untuk selalu diberikan cairan disinfektan.(Arda 72)

TerPopuler