Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Jumat, 19 Februari 2021, 7:26:00 PM WIB
Last Updated 2021-02-19T12:26:03Z
BERITA TNINEWS

Akar Wangi Menjadi Salah Satu Alternatif Tumbuhan Penghalang Terjadinya Longsor

Advertisement


Surakarta,MATALENSANEWS.com- Babinsa Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Suryanto dan Sertu Suparno bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Aiptu Suwardi Serta relawan Sibat mendampingi kunjungan dan pemberian tanaman akar wangi kepada Muspida Kabupaten Madiun dalam kegiatan pengambilan tumbuhan akar wangi di bantaran sungai Bengawan solo Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Surakarta,Jum'at, (19/2/2021).


Tingginya potensi bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di desa Gemarang Kabupaten Madiun membuat Pemkab berencana menanam secara masal tanaman akar wangi.


Serka Suryanto mengatakan Longsor dan banjir acap kali melanda ditengarai akibat wilayah dataran tinggi yang tidak mampu lagi menahan air, apalagi curah hujan  masih tinggi.


PJT I (Perum Jasa Tirta) Asy Syam, BPBD Dicky, Asisten Bupati Zahrof Kabupaten Madiun berkoordinasi dengan ketua relawan SIBAT  wilayah Sewu Budi Utomo dalam pengambilan tanaman akar wangi untuk ditanam di desa Gemarang Kabupaten Madiun pasca di terjang tanah longsor.


Pemkab Madiun meyakini tanaman akar wangi mempunyai manfaat vital dalam menanggulangi bencana dimana tanaman tersebut memiliki daya serap airnya sangat tinggi dan mampu mengikat lapisan tanah secara kuat.(Arda 72)