Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 06 Mei 2021, 7:58:00 PM WIB
Last Updated 2021-05-06T12:58:45Z
BERITA TNINEWS

Cerdaskan Anak Bangsa, Satgas Yonif 407/PK Berikan Bimbingan Belajar Keliling

Advertisement


KALBAR,MATALENSANEWS.com-Personil Pos Klawik Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak sekolah dasar (SD) di Dusun Keluin, Desa Mensiau, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. Kamis (06/05/2021).


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas belajar anak-anak diperbatasan, dengan cara mendatangi rumah langsung anak yang membutuhkan bimbingan belajar.


Danpos Klawik Lettu Kav Andhika G.P, mengatakan, bahwa kegiatan Ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pos Klawik untuk menjaga dan meningkatkan kualitas belajar anak-anak yang berada diwilayah perbatasan.


Pelajaran tambahan yang diberikan adalah melatih membaca dan menulis bagi siswa kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar. Upaya tersebut dilakukan karena keterbatasan kemampuan siswa yang belum bisa membaca dan menulis untuk mendukung saat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.


“Terlebih ditengah pandemi saat ini, dimana proses belajar mengajar di sekolah waktunya terbatas,” ujar Danpos.


Lebih lanjut Danpos Klawik menyampaikan, kepedulian terhadap peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Itu perlu dipahami bersama dalam rangka menyiapkan dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing tinggi pada masanya nanti.


“Bukan saja pemerintah, ini menjadi tanggung jawab kita bersama, terutama orang tua untuk lebih memberikan perhatian dan pengawasan saat belajar di rumah, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi penerus yang berkualitas serta memiliki semangat juang demi meraih cita-cita," tuturnya.


Dilain tempat, Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan mengungkapkan, selain menjalankan tugas pengamanan perbatasan wilayah RI-Malaysia juga melaksanakan tugas teritorial kepada masyarakat perbatasan khususnya diwilayah Sektor Timur Kalimantan Barat. Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Pos Klawik dalam upaya ikut serta mencerdaskan anak Bangsa.


"Salah satu peran prajurit di medan tugas perbatasan ini, selain sebagai garda terdepan menjaga kedaulatan NKRI, juga turut serta dalam memajukan pendidikan diwilayah perbatasan seperti halnya yang dilakukan Pos Klawik kepada masyarakat binaannya," ujarnya.


Bapak Jef (42) selaku orang tua dari anak-anak yang ikut belajar bersama anggota Pos Klawik mengucapkan terimakasih atas sumbangsih anggota TNI dalam membantu proses belajar-mengajar bagi anak-anak Dusun Keluin, Desa Mensiau, Kecamatan Batang Lupar.


"Kami sangat berterimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif 407/PK khususnya anggota Pos Klawik yang telah ikut memberikan bimbingan belajar bagi anak kami, semoga dengan adanya tenaga pendidik dari TNI menjadilan motivasi bagi anak-anak perbatasan dalam meraih masa depan yang cemerlang," ucapnya.(Syehful)