Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Kamis, 23 Desember 2021, 5:01:00 PM WIB
Last Updated 2021-12-23T10:01:53Z
BERITA POLISINEWS

Polres Sukoharjo Bersama Forkopimda Laksanakan Apel Gelar Pasukan Jelang Nataru

Advertisement


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com– Dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Sukoharjo menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman Setda Pemkab Sukoharjo, Kamis (23/12/2021). Apel dipimpim Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bersama Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan. 


Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 tersebut Bupati menyampaikan, selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini masyarakat diimbau untuk menaati aturan sesuai Instruksi Bupati. Masyarakat diminta untuk tidak euforia karena kasus corona di Kabupaten Sukoharjo sudah melandai.


“Pandemi corona belum usai, tetap disiplin protokol kesehatan. Jangan sampai ada kerumunan agar tidak terjadi penyebaran virus corona,” ujar Etik.


Bupati juga mengatakan, saat malam pergantian tahun nanti, Pemkab juga memberlakukan kebijakan untuk menutup kawasan Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo. Pemkab juga melarang adanya penyalaan kembang api dan juga acara pesta penyambutan tahun baru di gedung-gedung seperti hotel maupun rumah makan.


Sementara itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan,  Operasi Lilin Candi akan melibatkan berbagai instansi seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan lainnya. 


“Untuk pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) sendiri, kami akan menerjunkan sekitar 700 lebih personil gabungan. Personil akan ditempatkan di Pos Pengamanan (Pospam) yang dibangun di sejumlah titik di Sukoharjo,” ujar Kapolres.


“Dalam pengamanan Nataru ini, kami mendirikan 3 Pospam yang berada di Simpang 5 Sukoharjo, Bundaran Pandawa Solo Baru, dan Terminal Lama Kartasura,” tambahnya.


Selain itu, lanjut Kapolres, penempatan personil juga dilakukan dititik-titik yang dimungkinkan timbul keramaian. Seperti di gereja, tempat wisata, titik rawan macet, dan lainnya. 

“Khusus malam tahun baru, akan diterjunkan petugas patroli yang mobile untuk menertibkan masyarakat yang mencoba membuat kegiatan atau merayakan dengan konvoi, pesta kembang api, dan lainnya,” jelasnya.


Sedangkan, Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, menambahkan bahwa TNI akan memberikan back-up sepenuhnya pada Polres dalam pengamanan Nataru. Saat Natal, ujar Dandim, ada prioritas pengamanan gereja yang dibagi dalam tiga kategori. Prioritas pertama mendapatkan pengamanan selama melaksanakan kegiatan natal, prioritastas kedua hanya memantau dan prioritas ketiga dilakukan patroli.


“Khusus TNI ada 250 personil yang dilibatkan untuk pengamanan Nataru ini,” ujar Dandim.


Vio Sari/Humas